08 Jun 2020, 13:38Penyakit Lainnya

Memar tanpa sebab dan sakit kepala, karena apa ?

A
Info Penanya: A0
Maaf dok saya mau tanya beberapa kali saya mengalami memar tanpa sebab di paha betis tangan kadang di bagian tubuh lain kadang di awli badan terasa sakit semua ,lemas tp kadang tanpa ada nya rasa sakit Saya juga sering sakit kepala sebelah ,itu kenapa ya dok
10103 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, A. Memar tanpa sebab dapat terjadi karena berbagai faktor yang umumnya berhubungan dengan gangguan pada darah. Secara lazim, memar terjadi karena karena penyebab yang jelas, seperti benturan atau trauma yang mengakibatkan cedera sehingga beberapa pembuluh darah pecah, merembes pada jaringan dan terperangkap di bawah kulit. Akan tetapi terdapat pula keadaan memar yang terjadi tanpa penyebab yang jelas.Salah satu kondisi medis yang memicu keadaan memar yang tidak jelas penyebabnya adalah penyakit von Willebrand. Penyakit tersebut merupakan penyakit yang diturunkan berupa kelainan pada pembekuan darah, dimana terjadinya kesulitan untuk darah membeku sehingga mengakibatkan perdarahan terjadi semakin banyak dan lebih lama.

Adapun penyebab memar tanpa sebab lainnya yang meliputi :

  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kekuragan nutrisi khususnya vitamin C dan K
  • hemofilia (kelainan pembekuan darah)
Mengenai keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan faktor penyebab mana yang mengakibatkan keluhan pada Anda. Nyeri kepala yang terjadi mungkin berhubungan dan mungkin juga disebabkan faktor lainnya seperti gaya hidup yang berhubungan dengan pola makan, pola tidur dan pola aktivitas. Jika keluhan sudah berjalan cukup lama, ada baiknya untuk diperiksakan pada ahli yakni dokter Spesialis Penyakit Dalam, agar dapat segera diketahui penyebabnya dan ditangani secara tetap.Untuk sementara Anda dapat memperbanyak mengonsumsi makanan sumber vitamin C atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen. Untuk keluhan nyeri kepala, Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe atau mengonsumsi obat bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek untuk membantu meredakan nyeri jika sudah mulai mengganggu aktivitas.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
memarpembekuan darahkelainan darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil