Memar di tangan bekas cek darah.

W Info Penanya: W
Selamat malam dokMau tanyaa, kok tangan saya habis di ambil darahnya (cek kesehatan) terus besoknya di dekat yg di suntik itu memar ya dan udah hampir 2 minggu belum hilangItu kenapa ya? Terimakasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang W,

Pemeriksaan darah merupakan pemeriksaan dimana petugas laboratorium akan mengambil sampel darah Anda dan akan diperiksa untuk mendeteksi adanya kelainan atau gangguan di dalam tubuh Anda. Pemeriksaan ini ada yang bersifat sebagai pencegahan (deteksi dini sebelum munculnya keluhan) atau bertujuan mengetahui adanya penyakit saat ini karena sudah muncul keluhan-keluhan.

Bila pembuluh darah Anda kecil, maka petugas terkadang agak kesulitan untuk mengambil darah Anda, sehingga akan mencoba beberapa kali dan mengakibatkan pembuluh darah di sekitar suntikan banyak yang pecah. Pecahnya pembuluh darah ini akan mengakibatkan memar berwarna hijau kebiruan atau ungu kehitaman seperti ketika tubuh Anda terbentur dan timbul memar.

Memar ini umumnya akan menghilang dalam beberapa hari sekitar 5-7 hari, namun tergantung berat ringannya memar juga. Semakin gelap warna memar maka akan semakin lama proses penyembuhannya.

Seharusnya ketika muncul memar, segera kompres air es selama 2 hari, dan di hari ke-3 dan selanjutnya beralih ke kompres air hangat untuk membantu memudarkan memar.

Bila memar tidak kunjung menghilang atau muncul nyeri, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut seperti peresepan salep anti koagulan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hemofilia adalah kelainan perdarahan yang bersifat genetik dan menyebabkan darah sulit membeku

Darah Tak Kunjung Berhenti Saat Terluka? Waspadai Gejala Hemofilia

Hemofilia adalah kelainan perdarahan yang bersifat genetik dan menyebabkan darah sulit membeku. Selain faktor keturunan, hemofilia dapat disebabkan oleh kanker, penyakit tertentu, dan kondisi autoimun.