17 Nov 2020, 22:34Penyakit Lainnya

Memar di kaki harus bagaimana?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 17 Tahun
Malam dok mau Tanya, saya pernah gk sengaja nendang meja dan sedikit memar serta sedikit nyeri jika ditekan. Tepatnya di kaki kiri depan betis. Saya pikir akan sembuh sendiri tapi sampai sekarang memarnya belum hilang dan masih sedikit nyeri bila ditekan. Apa yg harus saya lakukan dok? Apa kompres bisa? Kalau kompres harus dingin atau hangat dok?
243 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang SU,Memar adalah gambaran merah biru kehitaman tanda adanya pembuluh darah yang pecah. Memar ini bisa terjadi bila tidak sengaja badan Anda terbentur dengan benda keras yang akan mengakibatkan pecahnya pembuluh darah. Semakin keras benturannya maka memar akan semakin lebar dan kehitaman, sehingga proses penyembuhannya juga akan semakin lama.

Penanganan terhadap memar:

  • Saat awal memar maka seharusnya dikompres dengan es batu agar pembuluh darah yang pecah tidak semakin lebar. Namun pada hari ketiga memar tersebut perlu dikompres dengan air hangat agar bekuan darahnya bisa perlahan-lahan terpecah dan kembali normal.
  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya.
  • Oleskan salep dengan kandungan heparin untuk membantu proses penyembuhan memarnya karena heparin ini akan memecah bekuan darah sehingga proses pulihnya akan lebih cepat. Anda bisa membeli obat ini di apotik dan menggunakannya sehari 3 kali.
Pada umumnya proses penyembuhan memar akan berlangsung 5-14 hari tergantung ringan kerasnya benturan. Semakin hitam memarnya maka proses penyembuhannya tentu akan semakin lama bisa mencapai 3 minggu. Namun bila memar dirasa berlebihan, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.Salam sehat,dr. Vina 
memartraumaluka traumatis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil