Bagaimana cara mengatasi keracunan pada obat nyamuk bakar?

AH Info Penanya: AH, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok.anak saya umur 15 tahun menjilat obat nyamuk.dia muntah2 apapun yg dia makan dia muntah kan nya semua nya dok apa langkah yg harus saya lakukan dok.mohon bantuan solusi nya dok,terima kasih dok...selamat malam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AH,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Pada obat nyamuk terdapat beberapa kandungan yang dapat beracun bagi tubuh manusia apabila terhirup secara berlebihan ataupun tertelan. Beberapa gejala yang dapat di timbulkan jika tertelan atau terhirup berlebihan sakit kepala, berkeringat, diare, iritasi hidung dan tenggorokan, mual, pusing, haus.

Sedangkan tanda keracunan yang sudah cenderung parah adalah muntah, kejang, demam, sesak napas, pupil mata mengecil, pingsan, peningkatan laju pernapasan.

Pertolongan pertama untuk mengatasi keluhan obat nyamuk yang tertelan adalah :

  • Jika obat nyamuk sudah masuk ke dalam mulut tetapi belum tertelan, kumur mulut dengan air sebanyak-banyaknya
  • Apabila sudah tertelan segera muntahkan
  • Beri air susu atau air putih. Namun, lakukan langkah ini apabila petugas medis mengizinkan dan pasien mampu menelan. Apabila korban tidak mampu menelan, jangan beri minuman apa pun dan segera ke dokter.

Berdasarkan keterangan yang Anda ceritakan, sebaiknya segera di bawa ke IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pencernaan bayi yang belum bekembang dengan sempurna membuat bayi sering mengalami muntah, namun hal tersebut adalah suatu hal yang wajar.

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Sering Muntah? Ini 7 Tips Penanganannya!

Bayi sering muntah memiliki beberapa penyebab, salah satunya adalah tertelan benda asing. Dan untuk cara penanganannya, tetaplah beri oralit dan juga berkan minuman manis untuk bayi.