Memakai obat ketoprofen untuk penyembuhan batu ginjal, apakah bisa diganti ibuprofen?

SB Info Penanya: SB, Pria, 26 Tahun
Dik.. Biasanya saya suka pakai ketoprofen supp resep dri dokter untuk penyembuhan batu ginjal..tetapi produknya susah didapat..apakah boleh memakai ibu profen supp?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SB

Terima kasih atas pertanyaannya.

Ketoprofen dan ibuprofen termasuk golongan obat yang sama. Yaitu obat anti inflamasi non steroid, dengan karakteristik yang berbeda. Perbedaan dari efektivitas, mulai kerja dan durasi kerja obatnya juga berbeda. Tujuannya sama untuk mengurangi radang dan nyeri. Jadi bukan untuk penyembuhan batu ginjal. Setelah nyerinya hilang, batu ginjalnya tetap ada jadi sumber masalahnya belum diatasi.

Sudahkah Anda konsultasi dengan Dokter Spesialis Urologi? Karena tergantung besar dan lokasinya batu ginjal maka pengobatannya berbeda. Bisa menggunakan obat, terapi ESWL atau operasi. Saya lampirkan juga artikel mengenai pilihan pengobatan untuk mengatasi batu ginjal. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dengan mengonsumsi lemon bersama air, Anda bisa mendapatkan manfaat lemon bagi kesehatan ginjal

Gantikan Peran Obat, Ini Manfaat Lemon untuk Penyakit Ginjal

Mengonsumsi air lemon menjadi cara ekonomis dan menyenangkan untuk menangkal penyakit batu ginjal. Sejumlah riset membuktikan, konsumsi lemon efektif menekan laju pertumbuhan batu ginjal. Ternyata, manfaat lemon bagi kesehatan pun berdampak baik dalam menghalau penyakit ginjal.