16 Jun 2020, 12:00Kandungan

Sudah lewat HPL tapi belum ada tanda persalinan

MO
Info Penanya: MO0
Dok mau tanya seharusnya saya sdh melahirkan tgl 14 juni 2020 tetapi sampai dengan tgl 16 juni 2020 blm ada tanda2 lahiran..apa yang harus saya lakukan.ini anak ke 2 saya dok.anak pertama umur 3.6thn.lahir normal.mohon untuk segera dijawab.terima kasih
14116 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang MO,HPL adalah hari perkiraan lahir dimana dapat dihitung dari usia kehamilan ataupun melalui pemeriksaan USG. Seperti namanya, tanggal ini adalah perkiraan lahir jadi ditanggal ini tepat 40 minggu masa kehamilan. Tetapi normalnya persalinan bisa terjadi pada usia kehamilan antara 37-42 minggu.Jika saat ini sudah melewati HPL tapi belum ada tanda persalinan, tidak perlu khawatir. Karena masih bisa diperhatikan sampai usia 42 minggu. Lakukan pemeriksaan kehamilan setiap minggu selama masa persalinan ini dan bisa lakukan beberapa upaya untuk membantu terjadinya kontraksi sehingga bisa timbul tanda persalinan yaitu dengan cara:
  • Melakukan aktivitas ringan
  • Berjalan pagi atau sore
  • Senam hamil
  • Melakukan hubungan seksual
Jika sampai 42 minggu belum ada tanda persalinan, maka dapat dilakukan penanganan baik dengan tindakan induksi buatan ataupun dilakukan persalinan dengan metode opersi sesar sesuai dengan kondisi kehamilan.Apabila kontraksi palsu juga makin sering dirasakan, ada keluar lendir darah, ketuban rembes atau pecah, gerakan janin terasa lebih lemah, maka perlu segera diperiksakan untuk dilakukan observasi dan diberikan penanganan lanjutan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
melahirkankehamilanpersalinan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil