Apakah tubektomi bisa disambung lagi?

AT Info Penanya: AT, Pria, 37 Tahun
Dok.apakah bisa wanita umur 47 tahun untuk hamil lagi.dan saat ini sedang dalam keadaan di tubektomi,dan berapakah kisaran biaya melpas tubektomi.Terimakasih.Salam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ATM.

Tubektomi adalah salah satu metode kontrasepsi permanen yang dilakukan dengan cara memotong atau mengikat saluran telur rahim. Metode ini dilakukan pada wanita agar tidak memiliki anak lagi, baik karena keinginan sendiri atau karena kondisi medis tertentu.

Apabila seorang wanita yang telah menjalani tubektomi ingin hamil lagi, bisa dilakukan operasi ulang untuk melepas ikatan dan menyambung kembali saluran telur. Tetapi, tidak semua kondisi tubektomi bisa menjalani operasi ini. Semua ditentukan oleh teknik tubektomi yang pernah dilakukan.

Ditambah lagi, pada kondisi yang Anda ceritakan, wanita tersebut sudah berusia 47 tahun yang bisa saja sudah mengalami menopause. Rata-rata wanita mengalami menopause pada usia 45-55 tahun. Sekalipun belum menopause, kehamilan pada usia tersebut termasuk kehamilan berisiko tinggi, yang artinya bisa mengancam ibu maupun janin.

Oleh karena itu, disarankan agar Anda terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, akan lebih baik kepada dokter yang melakukan tubektomi tersebut. Rentang biaya bervariasi, sehingga Anda bisa langsung menanyakan kepada fasilitas kesehatan yang bersangkutan.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips agar cepat hamil adalah dengan berhubungan seks saat masa subur

7 Tips Cepat Hamil bagi Anda yang Ingin Dapat Momongan

Agar cepat hamil, tips yang bisa Anda lakukan bersama pasangan adalah mengetahui masa subur, posisi seks yang tepat, hidup sehat, dan konsultasi dengan dokter.