Apakah normal haid setelah KB suntik 3 bulan?

TI Info Penanya: TI, Wanita, 50 Tahun
Dok sya KB 3 bulan. Di bulan pertama saya tdk haid dok,,,, terus di bulan ke dua saya haid nya lama dok hampir 2 Minggu,, dan bulan ke tiga sya haid lagi dok ini... Apakah itu normal dok ????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore TI,

KB suntik adalah metode kontrasepsi dimana menyuntikan hormon untuk mencegah kehamilan yang bisa dilakukan 1 bulan sekali ataupun 3 bulan sekali. KB suntik sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan yang patut untuk dipertimbangkan apabila menggunakannya.

KB suntik sendiri memiliki kelebihan seperti mudah digunakan, tidak perlu dikonsumsi setiap hari dan juga mudah pemberiannya dan efektif mencegah kehamilan. Sedangkan kekurangannya sendiri seperti:

  • Memiliki efek samping gangguan menstruasi sepeti menimbulkan perdarahan diluar menstruasi
  • Menimbulkan gangguan siklus menstruasi
  • Mengurangi kepadatan tulang, tapi akan kembali setelah KB suntik dihentikan
  • Menimbulkan nyeri di lokasi suntikan, rasa tidak nyaman di payudara, atau sakit kepala
  • Menimbulkan gangguan kesuburan atau perlu waktu untuk bisa kembali subur setelah lepas KB

Jadi apabila baru pertama kali melakukan suntik KB, tubuh masih beradaptasi dan bisa timbul efek samping dari suntikan KB tersebut. Apabila sudah haid dan haid normal itu berarti tubuh sudah beradaptasi.

Apabila perdarahan haid lebih dari 7 hari, atau timbul perdarahan diluar masa menstruasi dan efek samping lain yang mengganggu maka bisa berkonsultasi untuk mengganti metode KB yang lebih cocok.

Selain itu penting juga menjaga kebiasaan dan pola hidup sehat agar mencegah timbulnya gangguan hormonal yang bisa memicu efek samping dari penggunaan KB. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.