26 Dec 2020, 20:21Kandungan

Apa tanda kehamilan yang dapat terjadi setelah berhubungan ?

R
Info Penanya: R0
Dok, saya kan melakukan seks namun cairan spermanya tidak didalam tapi diluat vagina. Apakah akan terjadi kehamilan?
488 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Terjadinya kehamilan menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian pasangan, terutama pasangan yang melakukan hubungan seksual di luar pernikahan, atau pasangan yang saat berhubungan seksual lupa menggunakan kondom, dan konsumsi pil KB rutin. Kehamilan dapat terjadi saat hubungan seksual dilakukan dan adanya proses pembuahan oleh sperma terhadap ovum yang telah matang. Hubungan seksual tanpa diikuti ejakulasi di dalam vagina juga dapat menyebabkan kehamilan walau kemungkinan kehamilan lebih kecil.

Apa tanda kehamilan yang dapat terjadi setelah berhubungan ?

Setelah Anda berhubungan seksual dengan pasangan, maka cairan pra ejakulasi yang dikeluarkan oleh penis dapat mengandung sperma. Jika sperma ini dalam keadaan sehat, pergerakan sperma juga baik menuju ovarium, kondisi vagina yang mendukung, baik keasaman dan cairan pelumas yang ada, wanita sedang dalam masa ovulasi, maka pembuahan dapat terjadi. Setelah terjadi pembuahan, maka bakal janin akan terbentuk sekitar 5 sampai 10 hari kemudian, yang dibawa menuju rahim untuk segera menempel. Penempelan janin di dinding rahim disebut dengan proses implantasi janin yang dapat menyebabkan perdarahan ringan serta keram perut.Setelah proses implantasi janin, maka tubuh akan memberikan kode untuk menghasilkan hormon kehamilan. Hormon kehamilan ini akan menghentikan proses menstruasi dan menyebabkan ibu hamil sering mual dan muntah pada trimester awal kehamilan. Hormon kehamilan akan meningkat dan menetap di tubuh hingga proses persalinan terjadi.

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah kehamilan ?

Yang dapat Anda dan pasangan lakukan untuk mencegah kehamilan yaitu dengan tidak berhubungan seksual sebelum menikah. Selain dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan, hubungan seksual juga dapat menularkan penyakit. Anda dan pasangan juga dapat menggunakan alat kontrasepsi sesuai dengan kebutuhan dan cocok untuk Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya hapsari.
penyakit menular seksualmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil