Melakukan hubungan seks dan tidak keluar di dalam, sampai sekarang belum haid?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 2019 Tahun
hallo dok mau tanya kan terakhir saya melakukan hub seks sama suami saya nahh di situ posisinya saya belum M dan spermnya tidak keluar di dalam .. nahh sampai sekarang itu saya belum haid ada apa ya dok ?? apakah saya hamil ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MDJ

Terima kasih atas pertanyaannya.

Jadi anda belum haid berapa lama? Beberapa hari atau beberapa minggu? Bisa saja hanya telat haid yang sering dialami wanita. Tapi bisa juga hamil karena walaupun tidak ejakulasi di dalam vagina, belum tentu tidak ada cairan keluar yang mengandung sperma. Bagaimana cara mengetahuinya, tentu saja dengan melakukan test pack menggunakan air kencing di pagi hari. Anda juga dapat membaca artikel tentang tanda-tanda pertama kehamilan untuk mengetahui tanda awal kehamilan lainnya.

Beberapa tips untuk membantu datangnya haid yaitu dengan olahraga teratur namun jangan terlalu berlebihan.  Berhubungan seks kembali karena orgasme membantu kontraksi rahim untuk memicu timbulnya haid (gunakan kondom bila belum berencana hamil). Konsumsi vitamin C, kunyit, jahe atau nanas untuk membantu keseimbangan hormon agar haid tidak telat. Bila telat haid hanya sesekali masih wajar-wajar saja namun bila sudah beberapa kali anda dapat konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk mendapat terapi hormonal.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Komunikasi yang lancar termasuk cara jitu untuk mempertahankan hubungan jarak jauh

7 Tips LDR agar Hubungan Jarak Jauh Tetap Romantis

Menjalani hubungan jarak jauh memang penuh tantangan. Bisa memancing rasa bosan di satu waktu, sekaligus memicu rasa rindu di lain hari. Anda perlu menerapkan beberapa tips LDR agar hubungan dengan pasangan tetap utuh, romantis, dan harmonis.