Melakukan hubungan sebelum menstruasi apakah bisa hamil?

SH Info Penanya: SH, Pria, 20 Tahun
Dok..Apakah melakukan hubungan sebelum mens dapat kemungkinan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SH,

Pembuahan adalah dimana terjadinya pertemuan antara sel telur dan sel sperma. Dalam hal ini sel telur akan lebih mudah dibuahi ketika ovulasi atau disebut dengan masa subur.

Lalu apakah akan terjadi pembuahan jika dilakukan di luar masa subur?

Jawabannya adalah bisa, meskipun kemungkinannya tidak sebesar ketika di masa subur. Apabila melakukan hubungan intim dengan penetrasi dan terjadi ejakulasi di dalam vagina tanpa menggunakan pelindung seperti kondom ataupun kontrasepsi lainnya, maka kemungkinan untuk bisa hamil adalah mungkin.

Jadi bisa dilakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack paling cepat 1 minggu setelah berhubungan ataupun bisa ketika mengalami terlambat menstruasi. Jika didapatkan hasil negatif atau samar bisa diulang dalam 2 minggu dan untuk pastinya bisa memeriksakan pada dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG. Jika memang belum menginginkan kehamilan bisa dipertimbangkan untuk menggunakan metode kontrasepsi seperti misalnya kondom atau pil KB. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi tertentu membuat ibu hamil memerlukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Perlukah Ibu Hamil Melakukan Tes NIPT untuk Mengetahui Kelainan Kromosom Janin?

Non-invasive prenatal testing atau tes NIPT adalah pemeriksaan kehamilan yang digunakan untuk menunjukkan kelainan kromosom tertentu pada janin yang sedang berkembang. Tes ini dapat melihat kelainan kromosom pada janin.