Melakukan cek kondisi lensa kacamata sebaiknya setiap berapa lama ?

NM Info Penanya: NM, Pria, 45 Tahun
Selamat Pagi Tim Dokter sehatqSemoga senantiasa diberikan kesehatan Tuhan Yang Maha KuasaSaya ingin menanyakan seputar kacamata. Kebetulan saya juga mengenakan alat bantu penglihatan ini sejak lima tahun terakhir. Sebaiknya setiap berapa lama harus cek lagi kondisi lensa kacamata itu? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NM.

Aamiin, terimakasih atas doanya, semoga Anda juga senantiasa diberikan kesehatan oleh Tuhan YME.

Kacamata merupakan alat bantu penglihatan yang sampai saat ini dinilai menjadi alternatif yang paling efektif. Siapapun dapat menggunakan kacama, dari anak-anak hingga lansia dapat menggunakan kacamata karena keamanan serta kemudahan cara perawatannya dibandingkan dengan lensa kontak.

Mengenai pertanyaan Anda, pengecekan kondisi lensa kacamata dapat dikaitkan dengan kondisi gangguan mata. Walaupun pada mata normal juga tetap dianjurkan untuk rutin memeriksakan mata, meskipun tidak ada gejala. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat mendeteksi secara dini apabila ada indikasi kelainan atau gangguan pada mata yang tidak bergejala. Pada gangguan mata minus (miopia), gangguan mata plus (hipermetropia) dan rabun tua (presbiopia) umumnya dilakukan pemeriksaan 1 kali dalam setahun, karena dapat terjadi penambahan ukuran (visus) yang dapat berpengaruh pada alat bantu penglihatan yakni kesesuaian lensa kacamata yang digunakan.

Namun apabila sebelum 1 tahun Anda merasakan keluhan tidak nyaman pada kacamata, pandangan tetap kabur atau rabun walaupun menggunkan kacamata, adanya gejala pusing yang menetap saat menggunkan kacamata, sebaiknya tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memeriksakan kembali keadaan mata dan lensa kacamata Anda ke dokter Spesialis Mata, karena dapat terjadi ketidaksesuaian ukuran lensa kacamata dengan gangguan penglihatan ataupun dapat pula terjadi penambahan ukuran (visus) pada gangguan mata Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kacamata anti radiasi dipercaya dapat menangkal radiasi sinar biru dari layar gawai

Memahami Kacamata Anti Radiasi dan Fungsinya untuk Mata

Risiko radiasi sinar biru dari penggunaan gadget, seperti halnya komputer, laptop, atau smartphone, dapat membuat mata mengalami berbagai masalah. Namun, kacamata anti radiasi hadir untuk meminimalisir radiasi tersebut. Benarkah kacamata anti radiasi efektif tangkal radiasi?