Berhubungan namun sperma tidak di keluarkan di dalam apakah bisa hamil?

RK Info Penanya: RK, Pria, 21 Tahun
Dok saya mau tanya saya melakukan hubungan 2 kali dengan istri saya yang pertama saya mengeluarkan sperma jauh dari vagina setelah itu saya membersihkanya dan saya langsung berhubungan yang kedua kalinya tanpa mengeluarkan sperma 1 minggu kemudia haid apakah bisa hamil?tolong dijawab...trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat RK,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan terjadi ketika sperma bisa berhasil masuk ke dalam rahim dan bertemu sel telur. Sperma yang akan membuahi sel telur wanita selanjutnya berkembang menjadi zigot. Jadi, kalau tidak ada sperma yang masuk menemui sel telur, apakah kehamilan akan terjadi? Jawabannya tentu tidak.

Namun sebelum seorang pria mencapai fase ejakulasi biasanya ada cairan praejakulasi yang diproduksi dan akan keluar terlebih dahulu. Jumlah cairan ini jauh lebih sedikit dibandingkan ejakulasi. Seorang pria tidak bisa mengontrol produksi cairan ini secara sadar. Cairan praejakulasi ini tetap mengandung ribuan sperma.

Ini artinya, sel telur tetap bisa dibuahi oleh sperma dari cairan praejakulasi ini. Jadi kalau sperma tidak masuk tetapi cairan pre-ejakulasi ini keluar, maka kemungkinan hamil masih tetap ada. Namun peluangnya kecil. Jadi kalau Anda belum mau hamil, gunakan kontrasepsi yang aman saat berhubungan seks. Misalnya kondom atau pil KB atau alat kontrasepsi lainnya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.