10 Dec 2020, 01:55Kandungan

Mengapa mensturasi berhenti setelah berhubungan?

RA
Info Penanya: RA0
Selamat malam dok,saya mau bertanya saya melakukan hubungan intim bersama suami saya disaat hari pertama dan hari kedua mens tanmpa pengaman, dan setelah sehari saya melakukan hbungan intim tiba tiba mens saya terhenti dan perut saya dibawah pusar terasa nyeri itu kenapa ya dok mohon bantuannya atau infonya ya dok terimakasih.
475 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, RATerima kasih atas pertanyaannya.Melakukan hubungan intim saat haid tidak dilarang asalkan memakai pengaman karena ada beberapa risiko yang mungkin muncul ketika berhubungan saat haid.

Dampak positif berhubungan saat haid :

  • Mengurangi lama haid
    Orgasme yang didapat wanita akan memicu kontraksi rahim sehingga darah yang keluar akan lebih banyak dan haid lebih cepat selesai.
  • Meredakan kram perut
    Hormon endorfin yang dikeluarkan saat wanita orgasme dikatakan mengurangi rasa sakit pada perut akibat haid.

Risiko berhubungan saat haid :

  • Kehamilan
    Sperma dapat bertahan di dalam rahim kurang lebih 5-7 hari.   Masa subur wanita dapat berbeda-beda sehingga ketika ovulasi datang lebih cepat dan sel sperma masih ada di dalam rahim, kemungkinan bisa terjadi pembuahan.
  • Infeksi pada rahim
    Saat haid, leher rahim dalam keadaan terbuka sehingga hubungan intim tanpa pengaman dapat berisiko menyebarkan infeksi pada rahim.
  • Infeksi pada vagina
    Saat haid, pH vagina berubah dari biasanya sehingga rawan untuk infeksi jamur atau bakteri. Dengan berhubungan intim akan semakin meningkatkan risiko infeksi vagina.
Terkait yang anda tanyakan, haid lebih cepat selesai bisa terjadi ketika hormon menjadi tidak stabil selain itu pengaruh hubungan intim juga dapat membuat haid menjadi lebih cepat.  Adanya nyeri pada perut bisa disebabkan hormonal, infeksi saluran kemih, kehamilan, ataupun gangguan pada rahim.  Untuk itu, sebaiknya periksa dokter kandungan jika keluhan tersebut berulang setiap berhubungan intim.Sementara ini, kompres hangat bagian perut yang sakit, perbanyak minum air putih, tunda berhubungan hingga keluhan membaik.Semoga penjelsan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan seksualkehamilanhaidendometriosiskandidiasis vaginagangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil