Melahirkan normal dengan BPJS untuk persalinan

SA Info Penanya: SA, Pria, 32 Tahun
Ijin bertanya, faskes 1 tidak memiliki bidan untuk persalinan namun pakai bidan jejaring, lokasi bidan jejaring itu sangat jauh dari rumah, sedangkan rumah sakit sendiri lebih dekat, nah bagaimana solusinya dok agar tetap bisa melahirkan pakai bpjs, tks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Menggunakan BPJS untuk melahirkan baik melalui persalinan normal ataupun melalui prosedur operasi cesar dapat dilakukan dan ditanggung sesuai indikasi dan prosedur yang ada. Jika saat ini fasilitas tingkat 1 tidak memiliki bidan sendiri tetapi menggunakan jejaring sedangkan faskes tingkat lanjut seperti rumah sakti lebih dekat maka tetap harus mengikuti prosedur yang berlaku. Jika kasus kehamilan dan persalinan dapat dilakukan secara normal maka tetap ditangani di fasilitas kesehatan tingkat 1 dimana ibu hamil terdaftar, kecuali jika ada indikasi lain sehingga perlu dilakukan rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut maka dapat dilakukan penanganan sesuai dengan rujukan yang diberikan.

Untuk lebih detilnya Anda bisa berkonsultasi dengan fasilitas kesehatan tempat Anda terdaftar atau pada bidan jejaring yang menangani ibu hamil mengenai kondisi dan rencana persalinan yang akan dilakukan apakah dapat dilakukan di faskes primer atau memerlukan rujukan lebih lanjut. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah berpindah pada faskes tingkat 1 lain yang memiliki bidan tetapi lokasinya masih terjangkau dengan tempat tinggal Anda tetapi tentunya perlu dilakukan pemeriksaan kembali mengenai kondisi ibu dan membawa riwayat pemeriksaan kehamilan yang sudah dilakukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika golongan darah ibu dan janin berbeda, anemia pada janin bisa terjadi.

Ibu dan Janin Beda Golongan Darah Bisa Bahaya! Ini Alasannya

Perbedaan golongan darah antara ibu hamil dan janin, mungkin belum dianggap sebagai suatu kondisi yang perlu jadi perhatian selama ini. Padahal, jika tidak ditangani, bayi di dalam kandungan bisa mengalami berbagai komplikasi berbahaya.