Melahirkan di RS apakah bisa pakai KIS?

AP Info Penanya: AP
Malam dok, kebetulan 2 minggu lagi HPL istri,kami sudah ada KK, surat rujukan dari dokter. istri ada kis dan saya ada bpjs perusahan tp sy nggak tahu istri sudah msuk anggota sy apa blm, soalnya kami masih tinggal sama orang tua. Tp buat berobat ke faskes(puskesmas) tidak ada mslah untuk pendaftaran maupun pelayanan. Yg ingin saya tnyakan nanti saat melahirkan dirumah sakit bisa pakai kis tidak soalnya blm masuk anggota sy. Mohon infonya. Mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AP,

KIS adalah salah satu jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah. Untuk penggunaannya tentu harus melengkapi syarat-syarat yang ada seperti kepatuhan pembayaran iuran, KIS, KTP, KK, buku kesehatan ibu anak dan mengikuti prosedur pemeriksaan yang ada.

Perihal kasus istri Anda, bila selama ini kontrol kandungan di puskesmas sudah menggunakan fasilitas BPJS, maka tentunya bisa melakukan persalinan di Rumah Sakit menggunakan BPJS, selama ada indikasi yang menyatakan alasan kenapa istri Anda harus melakukan persalinan di Rumah Sakit. Karena persalinan tanpa penyulit harus dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Namun perihal jaminan BPJS dari perusahaan Anda kemungkinan besar belum bisa dipakai bila istri Anda belum terdaftar.

Sebaiknya Anda melakukan pengecekan ke kantor BPJS untuk memastikannya. Karena bayi Anda juga perlu didaftarkan untuk mempermudah pelayanan bila nantinya bayi Anda sudah dilahirkan. Dan pastikan untuk membayar iuran secara teratur.

Selain itu Anda juga perlu mengetahui regulasi terbaru BPJS yang menyatakan bahwa BPJS hanya menanggung biaya persalinan maksimal Rp 600.000. Jadi bila ada kelebihan biaya persalinan, maka hal tersebut menjadi tanggungan keluarga. Hal tersebut juga berlaku bila nantinya bayi Anda mengalami masalah dan kurang sehat, maka BPJS tidak sepenuhnya menjamin biaya perawatannya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan sambal saat hamil tidak berbahaya bagi janin jika porsinya sedikit

Bolehkah Makan Sambal Saat Hamil?

Meskipun aman, makan sambal saat hamil adalah hal yang perlu menjadi perhatian ibu hamil. Pasalnya, hal ini lebih memengaruhi sang ibu daripada bayi yang dikandungnya.