09 Mar 2021, 19:05Kandungan

Apakah bisa melahirkan menggunakan kartu BPJS di kota lain ?

AS
Info Penanya: AS0
selamat malam dok, izin bertanya saya sekarang sedang hamil usia kandungan sudah 34week. Apakah bisa melahirkan menggunakan BPJS tapi bukan difaskes pertama? Karena difaskes pertama yg terdaftar tidak bisa menerima persalinan, Rencananya akan lahiran diluardaerah, apakah rus ada rujukan dari faskes pertama/ bagaimana? Dan kalo saya mau pindah ke faskes daerah lain apakah bisa langsung digunakan pada tgl 1 bulan berikutnya? Karena hpl saya pertengahan april. Trimakasih sebelumnya, mohon infonya.
297 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, A.Hamil adalah sebuah proses perjalanan panjang dan tidak mudah karena banyak perubahan hormon, perubahan emosi, perubahan bentuk badan yang terjadi di tubuh wanita. Dukungan penuh serta doa dari setiap keluarga terutama suami sangat diperlukan. Kehamilan dengan ibu yang sehat dan bahagia maka akan memperlancar semua proses yang ada. Ibu hamil yang sedih dan depresi akan mempengaruhi perkembangan dan kesehatan mental janin pula.

Apakah bisa melahirkan menggunakan kartu BPJS di kota lain ?

Menggunakan kartu BPJS dapat mempermudah biaya pemeriksaan kehamilan dan persalinan yang tidak sedikit. BPJS menggunakan iuran mandiri atau bantuan pemerintah dapat melayani setiap tindakan yang akan dilakukan pada ibu hamil termasuk melahirkan secara normal maupun sesar. Pindah kota saat melahirkan membuat ibu binggung dengan tata cara yang harus dilakukan.Jika fasilitas kesehatan pertama tidak bisa melayani persalinan maka ibu harus datang ke fasilitas yang lebih tinggi. Ini dapat dilakukan dengan meminta rujukan pada faskes sebelumnya agar ada riyawat pemeriksaan kehamilan dan kenapa pasien dirujuk. Namun jika ibu sudah dalam keadaan ingin melahirkan tanpa membawa surat rujukan seperti keluar cairan maunpun darah dari jalan lahir, mulas secara terus menerus, maka ibu akan tetap dilayani dengan baik.Pindah fasilitas kesehatan ke kota lain dengan kondisi kartu BPJS yang telah aktif sebelumnya, dapat langsung digunakan tanpa mengunggu 1 bulan terlebih dulu.Konsultasi secara langsung kepada pihak BPJS jika Ibu merasa binggung. Jangan lupa untuk mendownload aplikasi BPJS online yang ada agar memudahkan ibu untuk melihat status kartu BPJS.Tetap kontrol ke dokter spesialis kandungan agar ibu dan janin selalu dalam keadaan sehat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
bpjs kesehatanbpjs ibu hamilpersalinan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil