Melahirkan caesar sekaligus steril apa boleh?

M Info Penanya: M
Assalamualaikum dok..Sy mau tanya , kalo melahirkan Caesar dengan alasan mau sekalian steril apa bisa . Terus sy usia 23 THN mau steril dengan alasan anak sudah 4 ini apakah boleh ?Terus kalo menggunakan KIS apakah bisa ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi M,

Prosedur persalinan operasi caesar merupakan tindakan melahirkan janin yang dilakukan akibat adanya indikasi medis misal bayi sungsang, ada plasenta yang menutupi jalan lahir, ketuban pecah dini, panggul sempit, dll. Namun tidak jarang saat ini wanita ingin melahirkan secara caesar dengan alasan takut sakit, dan tentunya ini bukanlah indikasi medis sehingga tidak mungkin bisa menggunakan BPJS.

Bila Anda ingin operasi caesar karena ingin sekalian melakukan program steril karena sudah memiliki banyak anak, maka bisa saja dilakukan. Namun perihal bisa tidaknya menggunakan fasilitas BPJS, maka sepertinya tidak bisa menggunakan BPJS/KIS karena tidak ada indikasi medisnya. Tapi sebaiknya Anda memastikannya ke kantor BPJS atau fasilitas kesehatan Anda untuk lebih pastinya.

Anda juga perlu memikirkan bahwa bila sudah dilakukan prosedur steril maka untuk selanjutnya tidak bisa terjadi kehamilan kembali. Sehingga Anda dan pasangan perlu memikirkannya dengan baik mengingat usia Anda yang masih sangat muda yakni 23 tahun. Bila Anda belum yakin, maka Anda masih bisa menggunakan KB seperti pil KB, suntik KB, IUD, atau implan untuk mencegah kehamilan.

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter kandungan bila Anda berencana melakukan program steril.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil setelah 2 bulan sesar memiliki risiko yang cukup tinggi

Bisakah Hamil Setelah 2 Bulan Sesar? Ini Penjelasannya

Beberapa minggu setelah melahirkan dengan operasi sesar, Anda mungkin mulai dapat berhubungan intim kembali. Namun, terdapat pertanyaan bisakah hamil setelah 2 bulan sesar?