Medical check up untuk usia 65th

ES Info Penanya: ES, Pria, 64 Tahun
Dear Dokter, saya pria berusia 65th, perlukah saya melakukan Medical Check Up atau General Check Up? Terakhir kali saya melakukan MCU 4 tahun yang lalu, mohon penjelasan dari Dokter. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak ED,

Medical Check Up atau General Check Up adalah suatu usaha preventif dalam bidang kesehatan untuk tujuan pencegahan dan menemukan penyakit secara dini. MCU dianjurkan untuk mereka yang berusia lebih dari 35 tahun dengan keluhan sakit maupun tanpa keluhan sakit, setahun sekali. Namun selalu harus bijaksana dalam menerima semua tawaran pemeriksaan yang dianjurkan oleh Dokter atau Staf Laboratorium klinik. Setiap pemeriksaan harus diarahkan sesuai keperluan dan tujuan dari MCU itu sendiri, bukan kearah memenuhi kebutuhan dari Laboratorium Klinik sehingga akan banyak pemeriksaan tidak penting dan hanya mengahaiskan biaya dan waktu saja,padahal pemeriksaan tersebut tidak berarti secara klinis untuk Pasien.

Karena biaya MCU yang cukup mahal, maka sesuaikan jenis pemeriksaan dengan kebutuhan Bapak, seperti pemeriksaan kolesterol darah (kolesterol total, HDL, LDL dan Trigliserida), skrining colorectal, EKG (Elektro Kardiografi), Pembesaran kelenjar Prostat dan pemeriksan lain yang disesuaikan dengan pemeriksaan fifisk dan keluhan yang Bapak miliki bila ada. Hal ini dapat Bapak konsultasikan dengan Dokter yang berada di Laboratorium Klinik datau Rumah Sakit di bagian medical Check Up.

Beberapa penyakit yang dapat dideteksi dari MCU adalah :

  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Hemorhoid atau ambeien
  • Gangguan penglihatan
  • Gangguan pendengaran
  • Diabetes Melitus (kencing manis)
  • Kelainan kolesterol dalam darah
  • Anemia
  • Kanker darah (Leukemia)
  • Penyakit gangguan hati seperti hepatitis, kanker hati dan perlemakan hati
  • Penyakit ginjal seperti adanya infeksi, kebocoran, batu ginajl dan gagal ginjal
  • Asam Urat
  • Kelainan pada paru-paru
  • Pembesaran jantung
  • PJK (Penyakit Jantung Koroner)

Hal-hal yang harus dilakukan dan persiapan sebelum melakukan MCU adalah :

  1. Dapatkan tidur malam dan istirahat yang cukup yaitu 7 sampai 8 jam semalam sebelumnya, tidak bergadang dan harus tidur nyenyak pada jam 9 malam sampai jam 5.00 pagi
  2. Hindari minum alkohaol, obat, merokok, makanan berlemak tinggi dan minum kopi sehari sebelum MCU
  3. Puasa 10 jam, dimulai jam 20.00 malam sampai jam 8.00 pagi berikutnya, bila dalam MCU disarankan memeriksa Profil Lemak, Gula Darah, Asam Urat, Fungsi Hati, Fungsi Ginjal, dll.
  4. Perbanyak minum air putih sehari sebelum MCU minimal 3 liter / hari untuk orang dewasa.
  5. Bawalah semua hasil pemeriksaan, MCU sebelumnya kepada Dokter MCU pada saat akan melakukan MCU
  6. Informasikan semua keluhan fisik yang Bapak rasakan, obat-obatanyang sedang dikonsumsi, penyakit yang diderita, dan penyakit yang merupakan penyakit keturunan dll. Sangat disarankan tidak menyimpan informasi apapun yang berhubungan dengan kesehatan Bapak kepada Dokter MCU.
  7. Setiap hasil MCU yang dianggap tidak normal, supaya selanjutnya dikonsultasikan dengan Dokter Spesialis yang berhubungan dan selalu ingat memastikan hasil tsb bukan ‘positif palsu’.

Selalu harus diingat untuk menanyakan indikasi dan tujuan dari setiap jenis pemeriksaan yang diajurkan oleh Dokter dan apa kegunaannya untuk Bapak. Banyak-banyaklah bertanya kepada Dokter untuk memperoleh informasi dan menimbang perlu tidaknya pemeriksaan tsb untuk Bapak. Dokter yang baik akan dengan senang hati menerangkan dan memberikan informasi yang Bapak butuhkan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengenali kadar gula darah normal pada lansia bisa membantu deteksi diabetes sejak dini

Diabetes Disebut Penyakit Tua, Ini Kadar Gula Darah Normal pada Lansia

Mengenali kadar gula darah normal pada lansia dapat membantu deteksi diabetes sejak dini. Dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat, perbanyak olahraga, dan mengurang berat badan dapat mengurangi risiko munculnya diabetes.