14 Nov 2020, 09:45Kandungan

Haid selama 2 minggu pada usia 12 tahun

YP
Info Penanya: YP0
Dok anak saya usia 12 tahun, akhir2 ini haidnya lama bs 2 minggu dan keluar darah banyak hrs ganti pembalut sesering mgkin. Dan mengeluh pusing, lemes. Apakah anak saya haid normal? Atau ini pendarahan?
796 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, YP.Haid adalah proses luruhnya dinding rahim yang keluar dalam bentuk darah melalui liang vagina. Haid mulai dialami pada saat wanita memasuki usia remaja, dan berlangsung secara teratur setiap 21-35 hari hingga menopause di usia lanjut nanti. Durasi haid yang normal berkisar antara 2-7 hari. Apabila lebih dari 7 hari, maka hal tersebut tidak normal, dan dalam dunia medis dikenal dengan istilah menoragia.

Beberapa penyebab haid berkepanjangan adalah:

  • gangguan keseimbangan hormon tubuh
  • rasa cemas, khawatir, atau stres
  • olahraga atau aktivitas fisik berlebihan
  • menurunkan berat badan dengan cara yang ekstrim
  • polip rahim
  • kista ovarium
  • endometriosis
Untuk memastikan kondisi mana yang menyebabkan keluhan putri Anda, periksakanlah kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, seperti misalnya USG rahim. Setelah diketahui penyebabnya, dokter akan memberikan solusi yang sesuai, baik obat ataupun tindakan tertentu.Lalu, ajak putri Anda untuk melakukan pola hidup sehat, yaitu mengonsumsi buah dan sayur yang cukup, tidak begadang, rutin berolahraga, serta mengendalikan tingkat stres. Langkah-langkah ini penting untuk menyeimbangkan kondisi hormon tubuh, termasuk hormon yang mengatur proses menstruasi. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil