Kuret dua bulan yang lalu, apa sekarang sudah bisa hamil?

KR Info Penanya: KR, Wanita, 28 Tahun
Saya habis kuret bulan juni lalu, trus baru mens tgl 7 juli, lalu sekarang saya telat 3 hari apa saya hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KR.

Kuretase adalah tindakan yang dilakukan untuk membersihkan rahim dari sisa janin, pada saat terjadinya keguguran. Kuretase dilakukan dengan memasukkan sebuah alat ke dalam liang vagina, lalu membuat gerakan seperti mengerok bagian terdalam dari rahim.

Setelah kuretase dilakukan, seorang wanita tidak lagi mengandung janin, dan hormon tubuh akan perlahan-lahan kembali normal. Dalam dua minggu, biasanya seorang wanita sudah mengalami haid kembali, dimana artinya wanita tersebut sudah subur dan sel telur siap untuk dibuahi.

Penyebab Terlambat Haid

Mengenai kondisi yang Anda alami, adalah benar kehamilan mungkin menjadi salah satu penyebab keterlambatan haid Anda saat ini. Selain kehamilan, beberapa hal lain yang juga dapat menyebabkan keterlambatan haid adalah:

  • Kelelahan fisik
  • Stres atau tekanan psikologis
  • Pola makan yang tidak sehat, misalnya sering mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji
  • Tidak cukup tidur atau sering begadang
  • Tidak pernah bergerak, atau terlalu berlebihan berolahraga
  • Menggunakan alat kontrasepsi hormonal, misalnya pil, suntik, atau implan

Untuk memastikan apakah kondisi Anda disebabkan karena kehamilan atau penyebab lain, Anda dapat melakukan testpack seminggu setelah terlambat haid. Apabila negatif, Anda dapat mengulanginya sekali lagi. Apabila masih negatif, maka kemungkinan bukan karena kehamilan, dan disarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab pastinya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi sudah bisa mendengar detak jantung ibunya pada usia janin 15 minggu

Perkembangan Janin 15 Minggu, Si Kecil Sudah Dengar Detak Jantung Ibu

Saat usia janin menginjak 15 minggu, tidak hanya si Kecil saja yang mengalami perubahan. Tubuh Anda, serta gejala kehamilan, akan mengalami perubahan pada masa ini. Mari kenali perkembangan janin 15 minggu.