Lendir atau bercak coklat setelah berhubungan apa tandanya?

IK Info Penanya: IK, Wanita, 1 Tahun
Mlm dok ..sya mau nnya dok ..Sya bru lepas kb ...bres haid itu tgl 30 an ..terus sya brncana mau punya anak lagi ..sudah hampir 5 hri dr mens ..saat berhubungan,pas lagi berhubungan ada warn coklat lendir,baunya sprti darah gtu ..itu knpa ya dok .berbahya gk ...Maksi dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IK,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Flek atau lendir coklat yang Anda alami bisa saja merupakan hal yang normal terjadi setelah berhubungan. Namun flek coklat juga bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit tertentu.

Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan flek coklat :

  • Luka saat berhubungan seperti hubungan yang tidak di dahului dengan foreplay akan lebih mudah menyebabkan luka saat berhubungan.
  • Tanda implantasi, jika Anda berhubungan dalam masa subur, penempelan janin di rahim akan menandakan flek kecoklatan.
  • Luka karena adanya penyakit tertentu seperi PCOS, miom, kista atau penyakit menular seksual

Karena banyaknya faktor penyebab flek coklat, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan jika flek coklat yang Anda alami berlangsung berkepanjangan dan di sertai dengan gejala lain seperti nyeri perut dan pinggang.

Selalu jaga kebersihan organ intim Anda, konsumsi makanan gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih, olahraga teratur minimal 3-4 kali / hari, dan istirahat cukup minimal 6-8 jam / hari.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara cepat hamil setelah haid adalah dengan berhubungan seksual di waktu yang tepat

Ingin Lekas Punya Momongan? Coba 10 Cara Cepat Hamil Setelah Haid Ini

Cara cepat hamil setelah haid dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut. Namun, bagaimana cara cepat hamil setelah haid selesai yang sebaiknya dilakukan Anda dan pasangan?