18 Jul 2021, 02:05Kulit & Kelamin

Apakah berbahaya keluar cairan bening dari kelamin?

TM
Info Penanya: TM0
Hlo dok. mau tanya kenapa penis waktu tegang kok ada cairan bening dok. Bebahanya apa Ndak ndok.klau berbahaya bagemna solusi nya dok.
354 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, TMTerima kasih atas pertanyaannya.Keluarnya cairan dari kelamin merupakan hal yang normal ketika terjadi ereksi akibat faktor adanya rangsangan seksual.  Beda jika disertai adanya keluhan pada kelamin, nyeri saat buang air kecil, serta gatal atau panas di kelamin.  Hal ini dapat menandakan kemungkinan infeksi pada kelamin.

Penyebab keluar cairan dari kelamin :

  • Kelamin yang ereksi dan ejakulasi maka akan mengeluarkan cairan praejakulasi yang diikuti dengan ejakulasi saat mencapai orgasme.
  • Penyakit menular seksual ketika ada riwayat seks bebas. Cairan yang keluar dapat berwarna putih hingga kuning kehijauan tergantung infeksi yang menyerang kelamin. 
  • Infeksi saluran kemih yang disertai dengan rasa tidak nyaman saat berkemih, nyeri perut bawah dan buang air kecil lebih sering.
  • Infeksi pada kepala kelamin yang membuat ada keluhan bengkak, kemerahan atau gatal di kelamin.
Jika terjadi saat kelamin ereksi maka merupakan hal yang normal dan tinggal dibersihkan dengan air mengalir agar tidak menumpuk namun jika disertai nyeri saat buang air kecil, riwayat seks bebas, kurang menjaga kebersihan kelamin maka perlu dilakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialis urologi untuk tindakan lanjutanSementara ini perbanyak air putih, jaga kebersihan kelamin dengan benar, tunda segala bentuk aktivitas seksual termasuk masturbasi, hindari menahan buang air kecil. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
orgasmeinfeksi menular seksualbalanitissperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil