10 Sep 2020, 00:17Penyakit Lainnya

Apa itu gangguan tidur berjalan?

TE
Info Penanya: TE, Wanita, 17 Tahun
Begini dok,saat kejadian itu malam hari saya bangun dari tempat tidur dimana saya ingin buang air kecil Memang dari kamar saya merasakan pusing tiba "dan Sampai kamar Mandi saya pusing berat dan says ingin minum Nah hanya Samapai saat itu saya ingat akan tetapi Tenyata saya sudah terjatuh dan tidur Dan saya tak ingat apapun setelah minum itu dan Ditambah jantung saya berdetak kencang sekali tidak normal dok Jadi apa ya dok yang menyebabkan hal itu dan apa obatnya Sekian dan trimakasih dok, apakah saya mengalami gangguan tidur brjalan?
675 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang TE,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Gangguan tidur berjalan atau dalam istilah medis biasa di sebut dengan somnabulisme atau sleepwalking merupakan keadaaan dimana seseorang bangun, berjalan, atau melakukan kegiatan dalam keadaan tidur. Penyakit ini bisa menyerang segala usia terutama pada anak-anak usia 11-12 tahun. Beberapa penyebabnya adalah cemas, kurang tidur, efek samping penggunaan obat tertentu, demam tinggi, dan lain lain.Gejalanya biasanya penderita menatap hanya kedepan, tanpa mengenali orang di sekitarnya, matanya seperti bangun, padahal masih tidur, jika di ajak berbicara tidak merespon, akan sulit dibangunkan dan bila terbangun akan nampak kebingungan.

Beberapa tips untuk mengatasi tidur berjalan :

  • Hindari stres, lakukan aktivitas yang dapat merelaksasi pikiran seperti membaca buku atau mandi air hangat
  • Hindari konsumsi kafein dan makanan berat saat akan tidur
  • Buang air kecil sebelum tidur
  • Membuat kamar tidur menjadi nyaman
  • Jangan begadang atau tidur malam (insomnia)
Jika penyakit ini berulang terjadi 1-2 kali / minggu, menimbulkan hal yang berbahaya, berlanjut hingga masa remaja, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter, untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan lebih lanjut. Jika keluarga Anda ada yang mengalami gangguan seperti ini, sebaiknya arahkan agar bisa tidur kembali, jangan mengagetkannya.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
insomniasleep apneasleep paralysis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil