Penggunaan testpack saat bulan puasa

TM Info Penanya: TM, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau pake tespek lagi lebih baik saya pakai sebelum makan sahur atau pagi saat bangun tidur? Sarannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TM,

Testpack adalah alat pemeriksaan awal kehamilan yang mendeteksi adanya hormon kehamilan atau HCG dari urine. Waktu terbaik sendiri adalah di pagi hari menggunakan urine pertama saat bangun tidur.

Tetapi sebenarnya pemeriksaan dengan testpack bisa dilakukan kapan saja dengan urine sewaktu, yaitu tanpa melihat urine pagi hari atau siang hari. Karena apabila terjadi kehamilan, hormon HCG akan meningkat berkali-kali lipat pada tubuh.

Apabila didapatkan hasil testpack samar atau negatif tidak perlu khawatir atau cemas terlebih dahulu. Pada awal kehamilan, sering kali tubuh belum banyak memproduksi hormon kehamilan tersebut.

Pemeriksaan dapat diulang 2 minggu setelahnya untuk memastikan apakah hamil atau tidak, terutama jika masih belum juga terjadi menstruasi. 

Penggunaan testpack di bulan puasa

Pada bulan puasa seperti ini bisa menggunakan urine kapan saja, tetapi bisa juga saat terbangun sahur dengan mengupayakan sudah tidur setidaknya 4-5 jam sebelum sahur. Puasa sendiri tidak mempengaruhi hasil testpack.

Selain dengan pemeriksaan testpack, untuk memastikan kehamilan perlu dilakukan pemeriksaan pasti dengan dilakukan USG pada dokter atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketahui cara menggunakan test pack yang baik dan benara agar bisa mendapat hasil akurat.

Cara Menggunakan Test Pack yang Tepat untuk Hasil Akurat

Test pack membutuhkan air seni guna memprediksi kehamilan dengan tingkat akurasi 99%. Waktu yang paling tepat untuk test pack ialah saat Anda terlambat menstruasi.