Bagaimana mau minum obat TB tapi mual?

FS Info Penanya: FS, Wanita, 18 Tahun
Dok umur saya 18th. Dok saya kan harus minum obat tbc. Efek samping dari rifampisin itu mual dan tidak nafsu makan. Saya harus minum thambutol, rifampisin dan satu lagi tidak ada namanya. Skrng mualnya lagi kambuh dok, saya makan rasanya eneg bngt terus saya kasi jarak 1 jam untuk minum obat, pas saya minum ovat malah muntah dok. Itu gimn ya dok. Apa bisa dengan segelas susu ensure jadi pengganti makan? Karena ethambutol di minum sehabis makan dok. Minta tolong bantuan jawabannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

TBC atau Tuberculosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosa. Pengobatan TBC biasanya menggunakan antibiotik seperti isoniazid, rifampicin, pyrazinamide, ethambutol, dan streptomycin namun karena tergolong obat keras maka memerlukan resep dokter. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa muncul akibat pemakaian obat TB :

  1. Rifampicin
    Efek samping yang dapat di timbulkan oleh obat ini adalah gangguan pencernaan seperti (panas di perut, mual, muntah, kembung), gangguan sistem saraf pusat (mengantuk, letih, sakit kepala, bingung, sulit berkonsentrasi dan gangguan penglihatan, urin berubah warna menjadi merah juga bisa terjadi jika mengonsumsi obat ini.
  2. Ethambutol
    Tidak diberikan pada anak usia kurang dari 13 tahun. Efek samping yang dapat muncul adalah gangguan penglihatan, buta warna , sakit kepala, mual, muntah serta sakit perut.

Untuk mengatasi mual yang Anda keluhkan Anda bisa meringankannya dengan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, mengonsumsi minuman jahe, posisikan berbaring. Jika Anda merasakan efek samping yang lebih berat, sesak napas ada baiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter. Jangan pernah berhenti mengonsumsi obat TB tersebut karena jika berhenti Anda berisiko untuk mengulang pengobatan dari awal atau mengganti obat tersebut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi paru-paru dapat menimbulkan komplikasi yaitu empiema

Ketahui Kaitan Antara Infeksi Paru-paru Pneumonia dan Empiema

Infeksi paru-paru pneumonia yang tidak segera mendapatkan penanganan akan memicu penumpukan cairan pada paru-paru. Bila cairan berlebih ini terinfeksi, maka akan muncul nanah pada paru-paru atau biasa disebut empiema.