30 Apr 2021, 07:46Psikologi

Kenapa memikirkan kematian padahal sehat?

EA
Info Penanya: EA0
Orang sehat mau meninggal gimana
77 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, EATerima kasih atas pertanyaannya.Meninggal atau kematian dalam medis adalah kondisi ketika manusia tidak lagi memiliki nyawa yang dapat menimbulkan hilangnya fungsi dan detakan pada jantung, tidak lagi bernafas, dan tidak ada lagi aliran darah yang mengalir.   Kematian dapat terjadi perlahan juga dapat terjadi secara tiba-tiba. Seseorang yang memikirkan kematian padahal kondisi tubuh baik-baik saja ada kemungkinan mengalami permasalah secara psikologis.  Bisa karena stres, cemas berlebihan, gangguan kepribadian, depresi ataupun gangguan mental lainnya. Bila anda sudah diberi kesehatan namun malah ingin mati hal ini perlu ditindaklanjuti karena banyak orang yang sedang sakit berjuang sekuat tenaga secara fisik dan psikis agar diberi kesembuhan, tubuh yang sehat sehingga masih dapat menjalani kehidupan dengan baik. 

Beberapa cara untuk mencegah pemikiran-pemikiran tentang kematian :

  • Lakukan aktivitas yang lebih produktif. Sehingga membuat pikiran ini sibuk dan tidak sempat berpikir negatif yang tidak penting pada akhirnya.  Aktivitas produktif bisa dengan bantu orang tua, ikut kelas pengembangan diri, berjualan online, dan aktivitas positif lainnya.
  • Bersosialisasi.  Berbicara dengan orang tua terkait permasalahan didiri ataupun masalah di luar dapat membantu mengeluarkan emosi dengan cara yang baik.
  • Olahraga selain menambah daya tahan tubuh juga meningkatkan kesehatan mental.
Ketika cara tersebut tidak membantu anda dalam mengurangi pemikiran tentang kematian, ada baiknya konsultasi dengan psikiater guna diberikan penanganan lanjutan terkait kondisi anda. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kesehatan mentalgangguan psikologishidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil