Sakit kepala dan nyeri dada, penyakit apakah itu?

SR Info Penanya: SR
Halo Dokter, permisi saya ingin bertanyaBaru-baru ini, berkisaran 1 bulan kepala saya sering sakit Dok, di seluruh bagian sekelilingkepala, tetapi kadang rasa sakit itu muncul tepat di bagian belakang saya Dok. saya jg sering mual ketika saya bangun tidur, dan sulit untuk menerima makan. Ditambah lg dada saya sering sakit, ketika saya batuk.Kira-kira penyakit apa itu Dokter...?Saya belum sempat mengecek kondisi saya ke rumah sakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sakit kepala merupakan suatu kondisi dimana kepala mengalami nyeri dan menyebar ke seluruh bagian sisi kepala. Secara umum, sakit kepala disebabkan karena primer dan sekunder. Sakit kepala primer disebabkan akibat aktivitas yang berlebihan dan jenisnya berupa migrain, sakit kepala tipe cluster, tension headache, dan trigeminal autonomic cephalgia. Sedangkan sakit kepala tipe sekunder, biasanya disebabkan karena kondisi medis lain seperti infeksi dan cedera kepala. Penyebabnya yaitu sinusitis akut, aneurisma otak, tumor otak, dehidrasi, gegar otak, infeksi telinga, dan hipertensi. Selain itu, penyebab umum dari sakit kepala yang sering terjadi yaitu stres, depresi, faktor genetik, dan lingkungan.

Dada yang sering sakit ketika batuk itu disebabkan karena pengaruh dari batuk yang terlalu keras sehingga menyebabkan otot-otot di dada menjadi kontraksi dan nyeri. Selain itu, bisa juga disebabkan karena infeksi paru-paru. Untuk memastikannya, dibutuhkan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen.

Untuk mengatasi keluhan Anda ini, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol, olahraga ringan, mandi air hangat, istirahat yang cukup, dan terapi dingin atau panas. Jika tidak ada perubahan, saya sarankan untuk Anda melakukan konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat ditangani dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat dapat dilakukan.

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Cara mengatasi sakit kepala bisa ttanpa obat, seperti kompres air dingin atau hangat di kepala, acupressure, konsumsi air putih dan makanan kaya vitamin B kompleks.