Perdarahan pada hamil muda, apakah berbahaya bagi janin ?

SU Info Penanya: SU
Dok.. Saya mau bertanya.Sudah seminggu ini istri saya keluar darah tidak banyak..dan itu tidak dirasakan sakit perut atau kram.Badan pun enak enak saja tapi kenapa ya masih keluar darah. Saya sudah priksa tapi dikasih obat OMEGAVITDan apa kan ini berbahaya atau tidak DOK dengan perkembangan janin...Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, T.

Perdarahan pada usia kehamilan muda merupakan keluhan yang umum terjadi. Kendati demikian, terdapat pula keadaan perdarahan abnormal yang mengindikasikan kondisi medis yang cukup serius. 

Berikut beberapa jenis perdarahan yang dapat terjadi pada usia kehamilan muda, antara lainnya ialah :

Mengenai keluhan perdarahan yang dialami oleh istri Anda, dapat berupa salah satu jenis perdarahan diatas. Namun, apabila sudah sempat diperiksakan kepada dokter Kandungan dan tidak dikategorikan pada keadaan yang serius dan hanya diberi vitamin maka kemungkinannya aman dan tidak berbahaya bagi janin, karena jika pada pemeriksaan oleh dokter Kandungan perdarahannya diperkirakan membahayakan, istri Anda biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi obat khusus lainnya, istirahat total atau bahkan menjalani perawatan di RS.

Untuk sementara, ada baiknya istri Anda untuk membatasi aktivitas dan lebih banyak istirahat. Ikutilah anjuran dokter Kandungan untuk mengonsumsi vitamin yang diberikan serta apabila dalam beberapa hari kedepan perdarahan masih ada atau bahkan semakin banyak dan disertai kram perut, segeralah diperiksakan kembali pada dokter Kandungan istri Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berkumur dengan obat kumur mint dapat mengurangi air liur berlebihan saat hamil

Inilah Cara Mengatasi Air Liur Berlebih saat Hamil Secara Efektif dan Sederhana

Air liur berlebih saat hamil merupakan hal yang umum terjadi yang dapat menyebabkan gangguan saat beraktivitas dan saat tidur. Kondisi ini memang tidak dapat dicegah, namun dapat diatasi dengan cara seperti menyikat gigi dengan pasta gigi mint dan berkumur dengan obat kumur mint, banyak minum air putih, dan mengunyah es batu.