29 Mar 2021, 18:10Perut

Mengapa olahraga dapat menyebabkan mual dan nyeri dada?

MK
Info Penanya: MK0
Assalamualikum dokter saya maya saya mau bertanya kenapa ya dok setiap saya melakukan aktifitas atau olahraga dada saya sakit mual sama pusing rasanya sakit gak enak dok?
141 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo M,Nyeri dada, mual, dan pusing, dapat terjadi karena berbagai sebab. Namun jika hanya dicetuskan oleh aktifitas tertentu seperti olahraga, maka kemungkinan keluhan Anda terjadi karena peningkatan asam lambung.

Gejala peningkatan asam lambung

Beberapa gejala dari asam lambung yang meningkat adalah
  • nyeri perut,
  • nyeri ulu hati,
  • rasa panas, perih, atau tidak nyaman pada uluhati, 
  • rasa pahit di belakang lidah
  • mual
  • muntah
  • pusing
Untuk mengatasi keluhan ini, cobalah untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yaitu beraktifitas terlalu berat segera setelah makan (setidaknya lakukan istirahat 1jam setelah makan sebelum aktifitas berat), hindari mengkonsumsi kopi saat perut kosong, hindari melakukan olahraga dengan perut kosong, dan hindari terlambat makan.jika keluhan terjadi, konsumsilah obat penurun asam lambung yaitu antasida tablet yang dapat dikonsumsi hingga 3x sehari tanpa di dahului makan. Obat ini dapat dikonsumsi sewaktu-waktu dan juga sebelum makan. Untuk reaksi yang lebih cepat, Anda juga dapat mengkonsumsi obat dengan cara dikunyah. Jika keluhan tidak hilang setelah konsumsi obat, lakukan pemeriksaan ke dokter.Salam sehat
dr.Evelin Kwandang
asam lambungolahraganyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil