08 Mar 2021, 18:01Kandungan

Apa efek samping KB implan?

BR
Info Penanya: BR0
Mau tanya nih dok,perut saya semakin hari semakin besar,org liat selalu mengira sy lagi hamil,sy sering pusing dan kepala sering sakit,leher terasa kaku dan tegang,apakah itu ada hubungannya dng implant ya dok?
191 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, BR.Implan adalah salah satu metode kontrasepsi hormonal jangka panjang. Cara pemakaian implan adalah dengan memasukkan tabung kecil ke dalam lengan atas, yang akan melepaskan hormon ke seluruh tubuh sehingga kehamilan dapat dicegah. 

Efek Samping Implan

Tapi, karena pelepasan hormon tersebut, hormon alami tubuh akan terpengaruh. Akibatnya, muncul sejumlah efek samping yang mungkin dirasakan. Beberapa di antaranya adalah:
  • nyeri pada kepala, leher, payudara, atau pinggul
  • nafsu makan meningkat sehingga berat badan naik
  • gairah seksual yang berubah
  • perubahan tekstur kulit atau timbul jerawat
  • haid yang menjadi tidak teratur
Mengenai keluhan yang Anda sampaikan, pembesaran perut dan rasa nyeri di bagian tubuh tertentu memang dapat merupakan efek samping implan. Tapi, perlu ditelaah lebih lanjut, apakah perut membesar yang Anda alami disertai dengan kenaikan berat badan? Apabila iya, maka kemungkinan besar adalah efek samping yang umum terjadi.Tapi, apabila tidak disertai dengan kenaikan berat badan, alangkah baiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan. Dikhawatirkan Anda mengalami kehamilan. Perlu diketahui bahwa efektivitas implan memang cukup besar yaitu sekitar 99%, namun masih ada kemungkinan sangat kecil kehamilan (sekitar 1%). Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
hamilpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil