17 Jun 2021, 21:40Jantung

Dada sesak dan sakit kepala apakah gejala serangan jantung ?

AN*
Info Penanya: AN*0
Mohon maaf, dan selamat malam, saya mau bertanya, kenapa dada terasa sesak, kepala sakit banget serasa di pukul pake kayu dan perut bagian kiri seperti di tusuk pisau? Terima kasih ?
365 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, R.Dada sesak sungguh membuat rasa tidak nyaman, baik untuk berbicara maupun aktifitas sehari-hari. Dada sesak dapat terjadi secara tiba-tiba saat sedang istirahat, aktifitas ringan, aktifitas berat atau ketika seseorang emosi.

Apa yang menyebabkan dada sesak dan sakit kepala ?

Keluhan dada sesak dan sakit kepala seperti dipukul kayu yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Serangan jantung ketika kadar oksigen berkurang akibat adanya sumbatan pembuluh darah koroner.
  • Adanya infeksi, peradangan dan penyempitan saluran nafas.
  • Benturan pada dada.
  • Asam lambung yang memicu GERD sehingga dada terasa sesak dan panas.
Sakit kepala dapat dicetuskan oleh kurangnya oksigen ke jantung atau sebab lain karena anemia, stres, kurang istirahat, emosi. Perut bagian kiri yang terasa sakit seperti tertusuk pisau bisa karena batu ginjal, benturan pada perut, gangguan usus, asam lambung, penjalaran saraf terjepit.

Bagaimana cara mengatasi dada sesak dan sakit kepala ?

Cara mengatasi dada sesak dan sakit kepala harus dilakukan pemeriksaan secara langsung dan sesuai penyebabnya. Jika gejala muncul, bawa tenang, jangan panik, panggil bantuan, segera istirahat. Minum parasetamol untuk mengurangi nyeri. Jika sesak disertai nyeri dada dan sulit bernafas, segera ke rumah sakit dan EKG serta konsultasi ke dokter spesialis jantung. Jaga kesehatan dengan rajin olahraga dan jalani pola hidup sehat ya.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
serangan jantungsesak napasnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil