05 Feb 2021, 16:26Mata

Bagaimana cara mengatasi mata yang terkena serpihan pasir ?

MA
Info Penanya: MA0
Sewaktu saya sedang mengendarai sepeda motor mata saya kelilipan dan perih sekali rasanya, seperti ada yang menancap di bagian tengah mata saya, setelah pulang saya cek dan ternyata benar ada seperti butiran pasir menancap di bagian hitam mata saya, jika merem rasanya perih dan saat berkedip juga perih, bagaimana cara saya mengatasi hal itu dan supaya butiran tersebut bisa keluar dari mata saya apa yang harus saya lakukan?
185 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, M.Mata merupakan organ penting untuk membantu manusia melihat, dimana mata ini bisa mengalami infeksi, iritasi, rasa sakit, gangguan penglihatan, maupun peradangan. Gangguan pada mata selain menyebabkan seseorang sulit untuk melihat, juga dapat menganggu keseimbangan sehingga seseorang bisa terjatuh.

Apa yang menyebabkan mata terasa perih ?

Mata dapat terasa perih jika ada sesuatu benda yang masuk ke mata seperti debu, butiran pasir, serpihan logam dimana benda asing ini akan menggessek mata, menimbulkan luka, menyebabkan mata menjadi perih, berair, memerah. Benda asing yang tidak dikeluarkan akan menimbulkan infeksi pada mata.

Bagaimana cara mengatasi mata yang terkena serpihan pasir ?

Saat mata masuk benda asing berupa serpihan pasir, segera hentikan kendaraan, dan menepi sejenak. Hindari mengucek mata. Cari air minum bersih, alirkan segera ke mata, dibantu oleh orang lain selama kurang lebih 15 menit atau hingga pasir terlepas. Kemudian mata yang telah bersih diberikan obat tetas mata antibiotik untuk mencegah infeksi terjadi pada mata.Jika pasir tetap tidak keluar dari mata, alirkan air bersih ulang pada mata. Namun jika penglihatan tetap terganggu, segera ke dokter spesialis mata agar penanganan dapat dilakukan. Gunakan kaca mata pelindung saat mengendarai motor. Dan tetap hati-hati.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan matamata merahmata iritasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil