Mata terkena minyak kayu putih dan saat ini memerah dan kelopak mata bengkak. Apakah itu berbahaya?

R Info Penanya: R, Wanita, 15 Tahun
Mata saya terkena minyak kayu putih, dan saat ini kelopak mata saya bengkak dan mata saya memerah, apakah itu berbahaya? Dan apa yang harus saya lakukan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R

Terima kasih atas pertanyaannya.

Anda mengalami reaksi iritasi akibat zat kimia sehingga mengakibatkan radang kelopak mata (blepharitis) dan membran transparan pada mata (konjungtiva). Mata merah akibat membengkaknya pembuluh darah di konjungtiva sehingga terlihat merah. Bila ditangani dengan cepat dan tepat jarang menimbulkan efek jangka panjang yang berbahaya untuk penglihatan anda.

Cara mengatasinya dengan membersihkan mata, menggunakan kompres hangat dan tetes air mata buatan yang dijual bebas di pasaran. Jika menggunakan lensa kontak dilepas dahulu sampai mata sembuh. Jika belum berhasil sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Mata agar radangnya tidak berlarut-larut. Biasanya akan diberikan obat mata dalam bentuk tetes, krim atau salep.

Anda juga dapat membaca artikel mengenai penyebab dan cara mengobati radang pada kelopak mata.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ulkus kornea atau luka pada kornea mata adalah gangguan mata berwarna putih dan sering dianggap sebagai katarak

Luka pada Kornea Mata atau Katarak? Ketahui Perbedaannya

Ulkus kornea adalah luka pada kornea mata yang ditandai dengan munculnya bintik putih pada kornea mata dan memiliki gejala yang hampir sama dengan katarak yaitu dengan timbulnya warna putih di mata. Ulkus kornea ini disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan jamur.