19 Jul 2020, 15:15Mata

Mata terkena freshcare minyak kayu putih

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Halo dok izin bertanya saya oleskan fresh care minyak kayu putih di daerah kepala lalu kemudian saya tiduran sehingga terkena masuk ke mata lalu ketika saya sadar tiba-tiba mata saya panas langsung saya bilas pake air bersih berkali-kali dan dikompres dengan air hangat lalu kemerahan di mata lumayan menghilang dirumah saya tidak ada obat tetes mata jadi saya tidak pakai, baiknya gimana ya dok selanjutnya yang harus saya lakukan? terima kasih banyak
18071 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang N,Iritasi mata bisa terjadi karena paparan bahan iritan ataupun terkena zat seperti minyak kayu putih salah satunya. Apabila terkena zat tertentu penanganannya sebaiknya bisa mencuci mata dengan diberikan air mengalir selama kurang lebih 15 -30 menit dan segera memeriksakan diri.Keluhan yang bisa timbul ketika mata terkena paparan bahan kimia sendiri diantaranya seperti:
  • Rasa perih
  • Penglihatan buram atau penurunan tajam penglihatan
  • Kemerahan pada mata
  • Mata berair
  • Bengkak pada area sekitar mata
  • Rasa gatal
Jika sekarang timbul kemerahan pada mata disertai dengan adanya gangguan penglihatan sebaiknya segera periksakan diri pada dokter atau dokter spesialis mata.Minyak kayu putih sendiri sebenarnya tidak bersifat korosif seperti cairan kimia lain tapi ada baiknya tetap memeriksakan diri utnuk memastikan tidak ada peradangan ataupun iritasi yang lebih berat pada bagian mata seperti korena, konjungtiva ataupun bagian mata lainnya.Hindari sembarangan menggunakan tetes mata sebelum memeriksakan diri pada dokter agar tidak menimbulkan keluhan yang bertambah berat. Jika timbul rasa nyeri bisa kompres dengan air hangat dan minum obat nyeri seperti parasetamol. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan matamata iritasiselaput mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil