Mata Silinder: Bagaimana Mengatasinya?

ES Info Penanya: ES, Wanita, 16 Tahun
Mengatasi mata silinder
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam.

Terimakasih ES.

Mata silinder atau Astigmatisme terjadi akibat bentuk lensa ataupun kornea, sebagai jalur masuknya cahaya ke mata, memiliki kelengkungan yang tidak sempurna. Sehingga saat cahaya datang, cahaya tidak dapat dibelokkan dengan baik oleh mata dan memberikan penglihatan yang kurang jelas

Mengapa bisa terjadi mata silinder?

Mata silinder bukan diakibatkan oleh aktivitas membaca terlalu dekat, bermain hp maupun komputer terlalu lama, ataupun beraktivitas di ruangan redup. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gangguan penglihatan ini disebabkan oleh ketidaksempurnaan lengkung mata. Biasanya kondisi ini merupakan bawaan atau sejak lahir. Baru mengakibatkan gejala seiring dengan pertumbuhan ukuran sumbu bola mata. Namun dapat juga disebabkan oleh cedera pada mata, setelah operasi mata, maupun penyakit pada mata lainnya.

Apakah kondisi mata silinder dapat disembuhkan?

Hingga saat ini belum ada obat-obatan tetes mata maupun obat minum yang dapat menyembuhkan mata silinder. Namun gangguan penglihatan ini dapat diatasi dengan beberapa metode berikut:

1. Penggunaan Kacamata atau Lensa Kontak

Penggunaan lensa kontak ataupun kacamata khusus silinder dapat membantu membelokkan cahaya agar jatuh tepat di saraf penglihatan sehingga penglihatan dapat lebih jelas. Akan tetapi, lensa kontak maupun kacamata hanya bersifat membantu penglihatan namun tidak dapat menyembuhkan mata silinder.

2. Tindakan Operasi pada Mata

Tindakan operasi dapat dilakukan untuk memperbaiki kornea mata secara permanen. Dapat pula dilakukan operasi pada saraf mata agar cahaya dapat jatuh tepat pada retina. Sehingga penglihatan lebih jelas

Penggunaan kacamata terlebih dahulu disarankan. Namun apabila semakin mengganggu tindakan operasi pada mata mungkin dibutuhkan.

Sebaiknya periksakan mata Anda ke dokter untuk ukuran kacamata yang tepat dengan kondisi Anda. Serta gunakanlah kacamata Anda saat beraktivitas untuk menjaga mata Anda tidak cepat lelah.

Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Annissa Fadila