Mata seperti melihat bayangan hitam bulat, apakah itu?

AM Info Penanya: AM, Pria
Pagi dok, mata saya yg kanan seperti melihat bayangan hitam bulat seperti memakai kaca mata hitam,cuma dibagian tengah saja tidak sampai menutupi pandangan, penyebabnya apakah karena pembengkakan saraf mata, floters, atau ablasi? Untuk penyembuhan harus ditindak atau cuma obat,dari dokter cuma dapat obat KSR 600 mg,Glauseta Tablet, Natrium Diklofenak,dan obat tetes Noncort MD 0,6 ml ? Apa sudah cukup dengan obat itu, atau ada terapi khusus untuk membantu penyembuhan? Terima kasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AM,

Mata mempunyai beberapa komponen diantaranya adalah :

  1. Kornea sebagi media refraksi mata pertama
  2. Pupil dan iris yang berfungsi mengatur banyak sedikit cahaya yang masuk
  3. Lensa mata yang berfungsi mengatur agar bayangan benda yang dilihat tepat jatuh di retina
  4. Vitreous humor berbentuk gel untuk membantu refraksi dan memberi bentuk pada bola mata
  5. Sudut bilik mata berguna untuk sirkulasi cairan mata guna menjaga kestabilan fungsi mata
  6. Retina yang berisi saraf penglihatan (nervus opticus) 

Pada keadaan normal bayangan benda akan jatuh tepat di retina sehingga membuat seseorang bisa melihat dengan jelas, sehingga diperlukan semua komponen berjalan dengan baik dan optimal. Pada beberapa kondisi menyebabkan proses jatuhnya bayangan benda tidak maksimal misal disebabkan adanya gangguan pada vitreous humor sehingga menyebabkan adanya titik hitam di mata (floaters), seperti melihat tirai hitam disebabkan adanya robekan pada retina (ablasi).

Sebelum memberikan diagnosa, dokter akan memberikan serangkaian pemeriksaan fisik maupun penunjang dengan beberapa metode tes atau alat sehingga diagnosa yang diambil bisa lebih optimal. Oleh karena itu sebaiknya Anda melanjutkan terapi yang sudah diberikan namun Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis mata apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Berikut saya sertakan artikel mengenai Floaters untuk menambah wawasan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Belek mata yang mengganggu penglihatan biasanya disebabkan oleh gangguan pada mata

Penyebab Mata Belekan, Alergi Hingga Infeksi Bakteri

Mata belekan ketika bangun tidur mungkin adalah hal yang wajar. Namun, penyebab mata belekan sebaiknya tidak disepelekan, terutama jika sudah berurusan dengan bakteri.