Mata sebelah minus dan sebelah plus, apakah bisa ?

IT Info Penanya: IT, Wanita, 19 Tahun
Selamat pagi dok, waktu mata saya di periksa di optik dengan komputer ternyata mata saya yg kanan SPH : -0,75, cyl : -1,00 Ax : 155 yang Kiri SPH : +0,75, cyl : -1,00 Ax: 171. Mungkin ngga sih dok kalo mata bisa minus sebelah dan plus sebelah ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IT.

Mata minus atau yang juga dikenal dengan rabun jauh adalah kelainan visus dimana mata tidak dapat melihat objek yang melampaui jarak dengan kejauhan tertentu. Mata minus ini dapat terjadi karena bentuk bola mata khususnya kornea mata yang mengalami gangguan sehingga pembiasan cahaya (refraksi) yang masuk ke mata tidak tepat dan membentuk bayangan objek tidak pada tempat yang seharusnya yakni di depan retina.

Sedangkan mata plus atau rabun dekat, sebaliknya dari gangguan yang dialami pada mata minus, tidak mampu melihat objek pada jarak yang dekat karena banyangan objek jatuh di belakang retina.

Terkait dengan keluhan dan pertanyaan Anda, pada dasarnya keadaan tersebut bisa saja terjadi. Menurut WHO kedua kelainan mata tersebut berhubungan dengan faktor genetika sehingga cenderung diturunkan atau dibawa sejak lahir. Kendati demikian memang bisanya pada usia muda, rabun jauh lebih umum dialami, maka ada baiknya untuk memastikan kebenarannya dengan memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis Mata, karena dapat lebih akurat dilakukan di klinik khusus mata yang menggunakan dua jenis metode pemeriksaan, yakni manual dan menggunakan alat khusus.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai rabun jauh dan rabun dekat sebagai informasi yang lebih lengkap untuk Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kapan bayi mulai bisa melihat ditentukan berdasarkan fase-fase tertentu

Mulai Kapan Bayi Bisa Melihat? Ini Penjelasannya

Untuk mengetahui kapan bayi mulai bisa melihat, Anda perlu memahami tahapan-tahapannya terlebih dahulu karena bayi tidak langsung melihat dengan jelas begitu saja. Kenali tahapan dan kemungkinan gangguan pada penglihatan bayi ini.