Bintik kuning dan warna dibawah bola mata, karena apa dan bagaimana mengatasinya ?

DA Info Penanya: DA, Pria, 16 Tahun
Selamat malam Dok, saya ingin bertanya. Di sekitaran mata saya terdapat bintik kuning yang lumayan banyak serta dibawah bola hitamnya sedikit berwarna Dok. Itu kenapa ya Dok? Bagaimanakah cara mengatasinya? serta apakah itu berbahaya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, DA.

Bintik kuning pada mata adalah keluhan yang umumnya disebabkan oleh pinguekula yang berarti benjolan jinak kekuningan pada permukaan bagian putih mata (konjungtiva). Benjolan berbentuk titik tersebut dapat mengakibatkan iritasi atau gangguan secara estetik pada mata, namun dapat diatasi dengan prosedur medis tertentu dengan mudah. Kendati penyebabnya belum diketahui secara jelas dan pasti.

Adapun beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya pinguekula yang meliputi :

  • paparan sinar matahari yang terlampau lama seperti pada pekerja lapangan 
  • paparan angin dan debu yang berkesinambungan
  • penggunaan lensa kontak
  • jenis kelamin laki-laki
  • usia lanjut

Mengenai keluhan yang Anda alami, terlebih dahulu perlu dipastikan apakah benar berupa pinguekula dengan pemeriksaan secara langsung. Terkait dengan warna pada dibagian bawah bola mata Anda yang berbeda perlu ditelusuri lebih lanjut warna dan pola nya untuk menentukan penyebabnya. Jika telah ada sejak lahir maka mungkin merupakan variasi normal yang tidak berbahaya.

Penanganan pinguekula pada dasarnya tidak memerlukan pengobatan khusus. Terapi yang diberikan umumnya bertujuan untuk menguurangi gejala yang ditimbulkan, seperti tetes mata berisi air mata buatan untuk meredakan gejala iritasi. Akan tetapi terdapat alternatif prosedur operasi untuk pengangkatan pinguekula jika, sering menyebabkan iritasi dan peradangan, serta secara estetika dianggap sangat mengganggu.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter Spesialis Mata.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kapan bayi mulai bisa melihat ditentukan berdasarkan fase-fase tertentu

Mulai Kapan Bayi Bisa Melihat? Ini Penjelasannya

Untuk mengetahui kapan bayi mulai bisa melihat, Anda perlu memahami tahapan-tahapannya terlebih dahulu karena bayi tidak langsung melihat dengan jelas begitu saja. Kenali tahapan dan kemungkinan gangguan pada penglihatan bayi ini.