Mata sakit

IA Info Penanya: IA
Dok kemarin sy naik motor pulang kerja sesampai di rumah tiba2 kaya ada yg ngeganjel di mata kiri atas tp di lihat tidak ada apa2 nya dan di tetes mata udah di bersihkan pake cairan eyerish udah.. Gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IAP.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sakit mata merupakan salah satu keadaan yang dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena fungsinya yang sangat vital dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Keadaan sakit mata ini dapat terjadi pada permukaan (okular) ataupun bagian dalam mata (orbital). Sakit mata yang terjadi pada bagian permukaan umumnya ditandai dengan rasa gatal atau adanya sensasi terbakar, sedangkan untuk sakit mata yang  berasal dari bagian mata yang lebih dalam dapat menimbulkan sensasi mata yang berpasir atau rasa seperti tertusuk sampai berdenyut.

Mengenali jenis sensasi tersebut menjadi penting karena dapat merupakan gejala yang khas bagi setiap gangguan atau kelainan yang terjadi pada mata.

Berikut beberapa jenis gangguan pada mata yang umum terjadi :
  • Blefaritis
  • Konjungtivitis
  • Iritasi atau uveitis
  • Abrasi kornea
  • Sindroma mata kering

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, kemungkinan yang terjadi dapat berupa iritasi dikarenakan adanya benda asing yang masuk kedalam mata ketika Anda berkendara, ataupun keadaan mata kering karena paparan udara dan angin saat berkendara. Namun apabila rasa mengganjal tersebut masih menetap sekalipun Anda telah menggunakan cairan pembersih mata, sebaiknya diperiksakan segera ke dokter untuk mencegah terjadinya radang karena benda asing yang tertinggal pada mata.

Untuk sementara, apabila keluhan Anda juga disertai mata merah, maka Anda dapat menggunakan obat tetes mata yang berasal dari air mata buatan yang dijual bebas di apotek, dan mengulang prosedur pencucian mata menggunakan cairan irigasi yang telah Anda lakukan.

Jika keluhan tidak membaik dalam waktu tiga hari, segeralah datang ke fasilitas kesehatan terdekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tetes mata untuk obat mata merah ada beberapa jenis, pilih yang sesuai dengan kondisi Anda

Obat Mata Merah yang Efektif untuk Hilangkan Sakit Mata

Untuk mengobati mata merah, ada berbagai jenis obat mata merah yang bisa Anda coba, mulai yang alami hingga dengan obat yang dapat dibeli di apotek. Tidak hanya sekadar obat tetes mata, persoalan kebersihan diri pun penting utuk kondisi ini.