Mata sakit dan terasa berputar

HA Info Penanya: HA, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum dok mata terasa berputar di bagian sebelah terus sakit itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam HA,

Rasa pusing berputar disertai mata nyeri bisa timbul karena beberapa hal seperti karena vertigo, tekanan darah rendah, anemia ataupun kondisi lain seperti dehidrasi, menurunnya kadar gula di dalam darah ataupun juga terpapar matahari dalam waktu lama.

Penyebab pusing dan sakit kepala

Tidak jarang kondisi pusing dan sakit kepala bisa dipicu oleh kebiasaan dan gaya hidup seperti:

  • Pola makan yang tidak teratur
  • Kurang tidur atau kurang istirahat
  • Banyak terpapar matahari seperit misalnya bekerja di luar ruangan
  • Kurang minum atau kurang asupan cairan
  • Memiliki masalah kesehatan
  • Kebiasaan bekerja terlalu diforsir

Untuk mengatasinya dapat dengan memperbaiki gaya hidup sehari-hari, bisa juga mengonsumsi obat antihistamin atau obat yang mengatasi motion sickness baiknya dapat dari pengobatan dokter, konsumsi bahan alami seperti teh jahe, ginkobiloba ataupun juga bisa hirup minyak esensial.

Yang perlu diperbaiki juga adalah asupan makan, hindari minuman berkafein, hindari makanan tinggi garam dan makan dengan pola teratur, minum air putih 2-3 liter perhari, tidur yang cukup dan juga hindari gerakan kepala yang cepat dan mendadak.

Kalau tidak ada perbaikan atau sering kali kambuh, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter atau dokter saraf agar dipastikan penyebabnya. Jika karena vertigo nantinya akan dilakukan penanganan baik manuver atau gerakan khusus ataupun latihan tambahan agar tidak sering kali kambuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab kepala sering pusing, yaitu kekurangan zat besi

11 Penyebab Kepala Sering Pusing yang Perlu Anda Waspadai

Pusing tentu bisa sangat mengganggu apalagi ketika akan beraktivitas. Ini bisa membuat Anda merasa berputar, kliyengan, dan tak seimbang. Ternyata, ada berbagai penyebab kepala sering pusing yang mungkin terjadi. Apa saja, ya?