mata sakit disertai pusing dan sulit membuka lebar

MW Info Penanya: MW, Wanita, 22 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya sudah beberapa minggu ini mata saya terasa sakit di dalam, pusing dibagaian mata kadang² kepala saya juga terasa sakit dan ketika saya melihat dimata saya ada bintik hitam atau bayangan hitam yang terbang mengikuti penglihatan saya, mata saya juga susah untuk melihat ke atas seperti tertahan di dahi dan mata saya terasa berat untuk membuka lebar terkadang melihat ke samping pun susah . Sebelumnya saya sempat periksa ke dokter mata tapi diagnosa mata lelah cuma sekarang keadaannya semakin parah. Itu kira² kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi MW

Mata yang terasa sakit disertai pusing dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti kelainan refraksi mata/ kelainan lensa, adanya kelainan pada pembuluh darah dan saraf mata ataupun dapat disebabkan oleh nyeri kepala tipe cluster. 

Jika saat berkonsultasi dengan dokter mata dikatakan mata anda lelah, maka sebaiknya anda melakukan istirahat, hindari paparan dengan komputer, gunakan kacamata antiradiasi blue light jika menggunakan komputer, hindari membaca di tempat gelap. Anda juga harus menghindari faktor yang mencetuskan stress, hindari rokok dan alkohol.

Apabila keluhan anda tidak berkurang, sebaiknya anda berkonsultasi dahulu ke dokter umum, untuk selanjutnya di evaluasi apakah penyebab sakit mata adalah masalah mata lelah atau akibat nyeri kepala tipe cluster, jika masalah berasal dari nyeri kepala tipe cluster, kondisi ini dapat di kontrol dengan pemberian oksigen dan antinyeri NSAID, jika tidak berkurang anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf.

Salam sehat

dr.Zulham

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit kepala sebelah kanan biasanya berupa migrain atau sakit kepala cluster

3 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan yang Biasa Terjadi

Penyebab sakit kepala sebelah kanan biasanya berupa migrain atau sakit kepala cluster, namun dalam kasus yang lebih serius bisa berupa trauma, aneurism, tumor, dan kanker.