12 May 2021, 03:37Mata

Apa penyebab mata rabun?

MD
Info Penanya: MD0
Doc saya donall minta solusinya dong soal mata rabun. Rabunnya itu setelah bermain hp kenapa doc ya? Buat nyempurnakan kembali apakah ada obat tertentu doc?
214 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, MPTerima kasih atas pertanyaannya.Mata rabun atau pandangan kabur dapat terjadi karena adanya gangguan pada lensa mata sehingga menyebabkan titik fokus dan cahaya tidak terbiaskan dengan baik.  Selain karena gangguan di mata faktor kebiasaan juga mempengaruhi mata kabur.

Penyebab rabun mata :

  • Rabun jauh yang terjadi ketika tidak dapat melihat dengan jelas pada objek yang berada jauh dari mata.
  • Rabun dekat kebalikan dari rabun jauh dimana tidak dapat melihat jelas saat objek berada dekat mata.
  • Astigmatisme yaitu kondisi dimana baik dekat maupun jauh objek terlihat ganda sehingga perlu memicingkan mata agar objek lebih jelas.
  • Computer Vision Syndrome dimana terjadi kelelahan mata akibat penegangan mata ketika melihat layar handphone, komputer ataupun TV dalam waktu yang lama.
Untuk mencegah rabun mata yang berkelanjutan ada baiknya membatasi penggunaan gadget baik handphone, komputer ataupun TV maksimal satu jam.  Lalu hindari berbaring saat menggunakan gadget atau membaca, beri jarak minimal 50 cm antara layar dan mata.  Jika hal ini tidak membantu maka diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter spesialis mata untuk mengetahui apakah rabun memerlukan kacamata atau cukup dengan perubahan kebiasaan.  Obat-obatan digunakan jika memang terjadi penyakit pada mata yang diketahui saat pemeriksaan mata.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kesehatan matamata minusmata lelah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil