Mata & Pupil

NP Info Penanya: NP, Wanita, 23 Tahun
Selamat Siang DokSaya Nabilla, ingin bertanya hasil MCU saya TIOD 25 TIOS 25 maksudnya gmna ya Dok? dan kenapa sekarang mata saya jika menatap laptop sering perih dan pusing? padahal mata saya Tidak Min ataupun Plus. Salam & Mohon konfirmasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NPA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Medical check up (MCU) adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk mengetahui status kesehatan seseorang. MCU umumnya dilakukan untuk kepentingan pengontrolan kesehatan berkala dan syarat untuk memasuki institusi tertentu. MCU dapat menyeluruh atua hanya sebagian. Salah satu bagian organ yang umumnay diperiksa adalag organ mata. Namun jenis pemeriksaannya dapat hanya meliputi kempuan melihat (visus) ataupun pemeriksaan lainnya yang lebih spesifik sesuai indikasi atau permintaan.

Salah satu jenis pemeriksaan tersebut adalah pemeriksaan tekanan intraokular mata (TIO). Tekanan mata secara normal dapat berbeda pada setiap orang dan akan lebih meninggi saat bangun tidur dan dapat bertambah tinggi seiring usia, Pemeriksaan TIO ini umumnya dilakukan saat ada gangguan mata yang mengarah pada penyakit glaukoma. Nilai normalnya berkisar diantara 10-21 mmHg. Dengan kata lain, apabila nilainya elbih tinggi, maka merupakan keadaan yang tidak normal. Keadaan tersebut berkaitan dengan risiko untuk mengidap penyakit galukoma.

Terkait dengan hasil MCU dan pertanyaa Anda, nilai TIO pada mata kiri dan mata kanan Anda kemungkinan telah meningkat, namun, untuk memastikannya diperlukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter mata. Dan mengenai mata yang menjadi lebih cepat perih dan pusing saat menatap laptop dapat terjadi karena gangguan sindroma mata lelah atau mata kering

Untuk sementara Anda dapat menggunakan tetes mata yang mengandung air mata buatan untuk meredakan keadaan perih pada mata. Dan sebaiknya Anda segera memeriksakan mata Anda kepada dokter mata untuk memastikan keadaan mata Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit glaukoma merusak saraf optik mata, yang bisa menyerang lansia.

Kenali Berbagai Gejala Glaukoma yang Bisa Serang Lansia

Glaukoma merupakan sebuah kondisi yang merusak saraf optik mata, dan akan memburuk seiring berjalannya waktu. Gejala glaukoma sering tidak dirasakan penderitanya.