28 Jul 2020, 10:45Mata

Mata merah perih dan panas

KK
Info Penanya: KK, Pria, 23 Tahun
Dok, saya tdur dan kbngun tiba2 mlm mata saya sulit di buka perih dan panas rasanya, saat bisa trbuka sedikit saya tidak bisa melihat apa2, pndangan jdi kabur putih smua, lama2 mulai trlihat byang2 tpi blm bgitu jls dan pas saya lihat trnyata mata saya merah hmpir tidak trlihat yg putih nya. Rasanya serba salah mata ditutup brasa ada yg halangin dan skit buka mata juga perih. Pdhl sblm tdur saya tidak mengalami apa2 dok, kira2 itu krna apa? Dan apa yg hrus saya lakukan?
8246 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam KK,Mata merah adalah gejala yang bisa terjadi karena infeksi mata, iritasi mata, mata kering, reaksi alergi, trauma mata ataupun gangguan lain pada organ mata. Mata merah sendiri bisa disertai penurunan penglihatan atau penurunan tajam penglihatan ataupun tanpa disertai penurunan tajam penglihatan.Apabila area mata yang putih menjadi kemerahan bisa mengalami iritasi pada pembuluh darahnya, kondisi ini disebut dengan konjungtivitis. Gejala konjungtivitis sendiri antara lain adalah:
  • Mata merah 
  • Mata menjadi tidak nyaman atau gatal
  • Mata terasa perih
  • Silau jika melihat cahaya
  • Bisa disertai adanya kotoran mata
Penyebab konjungtivitis seringkali disebabkan oleh infeksi, baik infeksi bakteri, infeksi virus ataupun infeksi jamur. Meskipun begitu, konjungtivitis juga bisa disebabkan oleh alergi dan iritasi misalnya akibat paparan zat tertentu ataupun benda asing, sehingga ada mitos mata merah saat tidur karena dikencingi hewan yang sebenarnya bisa merujuk pada kondisi konjungtivitis ini.Untuk meredakan gejala yang timbul bisa dilakukan beberapa cara seperti mengompres mata yang mengalami gejala dengan air hangat dan bersihkan perlahan menggunakan handuk atau kain bersih, minum obat pereda gatal atau obat antihistamin apabila gatal, hindari menyentuh mata apabila belum mencuci tangan.Periksakan pada dokter agar diberikan penanganan yang tepat sesuai penyebabnya, jika karena bakteri akan diberikan tetes mata antibiotik. Hindari sembarangan menggunakan tetes mata dan jangan menggosok mata agar tidak semakin iritasi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan matamata merahgangguan mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil