mata minus sebelah

G Info Penanya: G, Pria
Selamat Siang Dok..saya mengalami mata minus,yang dimana setelah saya cek ke sebelah kiri normal tapi sebelah kanan minus 8,nah pertanyaan saya apa ya penyebabnya kok bisa beda jauh seperti itu?. .sebelumnya terima kasih atas jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang G!

Menanggapi keluhan Anda, perlu dipastikan, apakah yang mendasari keluhan mata Anda? lalu dimanakah Anda melakukan pemeriksaan mata? apakah pemeriksaan visus dilakukan dengan cara yang benar ?

Mata minus atau miopia atau rabun jauh adalah kondisi dimana seseorang dapat melihat objek pada jarak yang dekat dengan jelas namun ketika melihat objek pada jarak jauh menjadi buram.

Mata minus biasanya terjadi di kedua mata namun dapat juga terjadi di salah satu mata walaupun hal tersebut sangat jarang sekali.

Beberapa penyebabnya diantara lain; timbulnya katarak, trauma, degenerasi miopi, glaukoma, dll.

Yang perlu diperhatikan adalah jika jarak rabun di kedua mata terlampau jauh, atau rabun di kedua mata nilainya terlalu tinggi, diwajibkan segera untuk berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk mencegah komplikasi dari tingginya nilai rabun tersebut.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa fungsi kornea mata, seperti memfokuskan cahaya dan melindungi mata dari benda asing

Kornea Mata: Struktur, Fungsi, dan Penyakit yang Berisiko Menyerang

Sejak di sekolah dasar, Anda mungkin sudah mengenal istilah kornea mata. Bagian organ penglihatan ini memang kerap disebut, karena terletak di bagian paling luar mata. Kenali struktur kornea mata dan fungsinya, pahami pula beberapa penyakit yang dapat menghinggapi.