29 Jul 2021, 17:09Mata

Mata minus

IW
Info Penanya: IW0
Halo dok, mau tanya 3 tahun yang lalu saya periksa mata dan hasilnya minus 0,5 kanan kiri saya jarang banget pakai kacamata , dan sejak 3 tahun yang lalu sampai sekarang saya belum cek mata lagi. Apakah hal itu bisa menyebabkan minusnya akan bertambah ya dok? Dan jika hanya minus 0,5 apakah perlu memakai kacamata?
236 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ITerima kasih atas pertanyaan AndaMata minus adalah kondisi saat seseorang tidak bisa melihat benda yang berada pada jarak jauh. Kondisi ini terjadi karena danya gangguan refraksi pada mata. Mata minus bisa terjadi pada usia anak, remaja atau bahkan pada usia dewasa.

Adapun di bawah ini adalah gejala dari mata minus:

  • Pandangan kabur saat melihat benda yang berjarak jauh
  • Sakit kepala akibat mata lelah
  • Sering memicingkan mata sebagai usaha memperjelas pandangan
  • Sering mengucek mata
  • dan lain sebaainya
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika Anda mengalami mata minus atau rabun jauh namun tidak menggunakan alat bantu sperti kacamata atau lensa kontak dengan ukuran yang sesuai maka kondisi ini bisa menyeabkan mata lelah dan bisa memperubruk kondisi Anda. Untuk itu, lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis mata terdekat untuk mendapatkan tata laksana dan pengobatan serta mendapatkan resep untuk menggunakan kacamata yang sesuai dengan ukuran serta kondisi mata Anda bila diperlukan. Usahakan tidak membaca pada ruangan denganpencahayaan kurang, konsumsi makanan bergizi, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup, konsumsi buah dan sayur, dan berolahraga ringan agar tubuh tetap sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kesehatan matarabun jauhmata minus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil