Mata minus dapat mempengaruhi proses persalinan normal

IQ Info Penanya: IQ, Pria, 28 Tahun
Apakah mata minus dapat memengaruhi proses persalinan normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IQ,

Sering kali beredar kabar bahwa mata minus membuat ibu hamil tidak bisa melahirkan normal, tapi kondisi tersebut belum tentu sepenuhnya benar. Tetapi ada beragam hal lain yang juga perlu diperhatikan untuk persalinan normal. Mata minus sendiri apabila memiliki minus yang tinggi memang berisiko terjadinya penipisan bagian retina yang bisa berisiko sobekan retina, tetapi hal tersebut bisa tidak berhubungan dengan proses persalinan normal.

Untuk itu tidak selalu ibu dengan mata minus harus dilakukan metode operasi sesar tanpa bisa melakukan persalinan normal. Beberapa kondisi lain juga perlu diperhatikan seperti:

  • Kondisi kesehatan ibu secara general
  • Kondisi jalan lahir apakah terdapat panggul yang sempit atau proporsi yang tidak ideal antara jalan lahir dengan ukuran janin
  • Kondisi janin seperti letak janin, ukuran janin, usia kehamilan 
  • Ada tidaknya gangguan kesehatan janin seperti misalnya gawat janin
  • Kondisi lain seperti komplikasi ataupun ada tidaknya penyakit selama kehamilan

Jadi perlu melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala pada bidan atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui kondisi kehamilan, dan dilakukan perencanaan persalinan sesuai dengan kondisinya. Tidak perlu takut atau pesimis bahwa pasti tidak bisa melahirkan secara normal. Jaga kondisi kesehatan dan jaga asupan nutrisi agar proses kehamilan dapat berjalan lancar sampai nanti persalinan tiba. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut melahirkan memiliki berbagai jenis yang bisa Anda pilih

Pembalut Melahirkan, Cara Nyaman Menghadapi Perdarahan Postpartum

Setelah melahirkan, wanita akan mengalami perdarahan postpartum yang bisa berlangsung hingga berminggu-minggu. Salah satu cara agar ibu baru tetap nyaman adalah dengan menggunakan pembalut melahirkan.