Minus 0.5 dan 7.5, sebaiknya pakai lensa berapa?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
saya minus 05 dan 75 kalo pakek 05 bosa tidak dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Mata minus, atau dalam bahasa medis dikenal dengan miopi, adalah salah satu jenis kelainan refraksi pada mata. Biasanya kondisi ini dialami oleh kedua mata, dengan selisih minus yang tidak terlalu jauh. Apabila selisihnya cukup besar (lebih dari 1.00 Dioptri) dan mengganggu penglihatan, maka disebut sebagai anisometropia.

Keluhan yang Anda alami, yaitu minus 0.5 dan 7.5, termasuk ke dalam anisometropia. Apabila dibiarkan berkepanjangan, maka bisa timbul kondisi lain yang disebut sebagai mata malas, atau dalam dunia medis dikenal sebagai ambliopia. Pada kondisi ini, otak hanya memberi sinyal kepada salah satu mata, sehingga mata lainnya tidak berakomodasi dan 'malas'.

Oleh karena itu, disarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis mata untuk memastikan kondisi minus mata Anda sebenarnya. Apakah sudah bertambah, berkurang, atau mungkin dulu ada salah pengukuran. Apabila memang benar terpaut jauh, maka akan dilakukan beberapa penanganan seperti:

  • Terapi oklusi, yaitu menutup mata yang lebih sehat (pada kasus Anda yang minusnya 0.5) dan memberikan lensa kontak atau kacamata pada mata yang lebih sakit (minus 7.5)
  • Pembedahan photorefractive keratectomy untuk memperbaiki kelengkungan kornea
  • LASIK, agar mata yang minus 7.5 kembali normal

Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat tetes mata merupakan salah satu pilihan obat sakit mata

6 Jenis Obat Sakit Mata yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Obat sakit mata bukan hanya tetes mata yang beredar di pasaran, namun juga bisa berbentuk kompres hangat hingga antibiotik.