Mata minus dan silinder, saat pakai kacamata makin nyeri

NS Info Penanya: NS, Pria, 32 Tahun
Selamat siang dokter.Sy laki2 umur 33 thn.Mata minus n silinder.Mata sy kalau beberapa waktu melihat gadget, komputer, dsb, kemudian melihat fokus jauh, itu terasa seperti juling, ga bisa fokus. Ini sy tdk pakai kacamata, klo pakai kacamata malah nyeri mata sy. Trus sy pijat2 sebentar kadang mau normal kadang tidak.Ini gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NS,

Kelainan refraksi mata dapat dibagi menjadi beberapa jenis :

  1. Rabun jauh (mata minus). Kelainan ini menyebabkan seseorang tidak dapat melihat secara jelas benda-benda yang letaknya jauh, akibat bentuk bola mata yang terlalu panjang atau kornea mata yang terlalu melengkung. Kelainan ini bisa dikoreksi dengan penggunaan kacamata minus.
  2. Rabun dekat. Kelainan ini sering terjadi pada orang tua dengan keluhan tidak dapat melihat jelas ketika membaca.
  3. Astigmatisme, (mata silinder) merupakan kondisi dimana kelengkungan kornea mata tidak sesuai. Kelainan ini dapat dikoreksi dengan penggunaan kacamata silinder.
  4. Presbiopia. Akibat proses penuaan, lensa mata menjadi kaku dan tidak dapat berubah bentuk untuk memfokuskan objek.

Ada beberapa kemungkinan kenapa mata Anda tidak bisa fokus dan malah terasa nyeri ketika memakai kacamata :

  1. Anda menggunakan kacamata dengan ukuran yang tidak sesuai.
  2. Anda menatap layar gadget dan komputer secara terus menerus sehingga menimbulkan kelelahan pada mata.
  3. Layar gadget atau komputer terlalu terang atau terlalu gelap.
  4. Jarak baca Anda terlalu dekat.

Karena keluhan dirasakan sangat mengganggu maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ulang ke dokter mata untuk memastikan ukuran kacamata Anda yangs sesuai, selain itu Anda perlu mengistirahatkan mata Anda ketika menatap layar komputer dengan cara setiap 30 menit, istirahatkan mata selama 30 detik dengan melihat objek yang letaknya jauh sejauh 30 meter untuk menghindari kelelahan mata, serta jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah untuk menjaga kesehatan mata.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sumber vitamin A baik untuk mata minus anak

Atasi Rabun Jauh Anak dengan 5 Vitamin Ini

Beberapa kebiasaan anak dapat menyebabkan anak mengalami rabun jauh, salah satunya adalah bermain gadget atau game di komputer. Beberapa vitamin dapat membantu anak anda jauh dari mata minus atau rabun jauh. Vitamin C, A, E, B3, dan B2 dapat mengatasi rabun jauh.